Rayakan HUT ke-64 Siswa dan Guru UPT SMP 2 Gresik Gelar Zikir, Doa Bersama & Launching Sekolah Moderasi Beragama 

GRESIK,1minute.id – UPT SMP Negeri 2 Gresik genap berusia 64 tahun pada Selasa, 1 Agustus 2023. Perayaan ulang tahun salah satu sekolah tertua di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik dilakukan secara sederhana namun tetap khidmat.

Ratusan siswa dan guru di sekolah yang dipimpin oleh Mohammad Salim menggelar zikir dan doa bersama di halaman sekolah berlokasi di Jalan KH Kholil Gresik itu. Pada Momentum istimewa itu, sekolah mengusung jargon “SPENDA sekolah juara” ini juga melaunching Program anyar, yaitu “Sekolah Moderasi Beragama”. 

Menurut Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Mohammad Salim, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) SMP Negeri 2 (SPENDA) Gresik dilakukan secara sederhana. Semua guru dan siswa melakukan zikir dan doa bersama di lapangan sekolah.

Tujuan mendidik anak untuk memeriahkan peringatan HUT SPENDA tidak harus dengan kemewahan. “Namun dengan kesederhanaan tapi terkesan meriah. Yang terpenting siswa paham bahwa dengan bertambahnya usia sekolah bertambah pula prestasi,” ungkap Salim usai acara pada Selasa, 1 Agustus 2023.

SEKOLAH JUARA : Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Mohammad Salim memberikan kue ulang tahun kepada siswa baru saat merayakan HUT ke-64 SMP Negeri 2 Gresik pada Selasa, 1 Agustus 2023 ( FOTO : UPT SMP Negeri 2 Gresik for 1minute.id)

Selain zikir dan doa bersama, imbuhnya, sekolah juga melaunching program baru “Sekolah Moderasi Beragama”. Sekolah Moderasi Beragama adalah sekolah menjunjung tinggi, saling menghormati dan toleransi antarberagama serta, mencegah terjadinya bullying dan meningkatkan kualitas keberagaman. 

“Meningkatkan kualitas keberagaman , mengingat siswa SMP 2 Gresik terdiri dari banyak budaya seperti suku Madura, Bugis, Sunda karena letak sekolah berada di lokasi pelabuhan Gresik yang masyarakatnya hidrogen,” terang Salim. 

Waka Kurikulum UPT SMP Negeri 2 Gresik Rozak menambahkan jargon diangkat di HUT ke-64 SPENDA adalah “Sekolah Juara”. Tema itu, diusung dengan harapan bisa menanamkan optimis anak untuk terus belajar dan meraih prestasi. ” Prestasi di semua bidang. Bidang akademik dan nonakademik,” kata Rozak. (yad)