Koperasi Sokoguru Perekonomian Indonesia Genap 76 Tahun, Wabup Gresik : Perlu Kaderisasi di Koperasi 

GRESIK,1minute.id – Koperasi Sokoguru Perekonomian Indonesia. Artinya, koperasi sebagai pilar utama dalam sistem perekonomian nasional. Dengan tujuan utama koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan anggotanya koperasi dapat menjadi penyangga dalam perekonomian anggotanya.

Data Diskoperindag Gresik pada 2022 jumlah koperasi sebanyak 1.448 koperasi dan 56.000 UMKM. Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Sejumlah tokoh hadir dalam peringatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah itu. Tokoh koperasi, diantaranya, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Pusat Sri Untari Bisowarno ; Ketua Dewan Koperasi Indonesia Gresik Achwan Hariyanto, serta Kadiskoperindag Gresik Malahatul Fardah.

Harlah dihelat secara sederhana. Sejumlah produk unggul dan koperasi turut ditampilkan dalam gelaran yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindag Gresik yang pimpinan oleh Malahatul Fardah itu.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Gresik mengucapkan selamat hari koperasi yang ke-76. Saya yakin, dengan dukungan seluruh tokoh koperasi yang hadir saat ini akan membawa kemajuan bagi dunia koperasi khususnya di Kabupaten Gresik,” ujar Wakil Bupati Aminatun Habibah dalam sambutannya.

Koperasi, menurut Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah, memiliki tujuan utama yakni kesejahteraan anggotanya. Oleh karenanya, dalam memenuhi tujuan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang mumpuni di dalam koperasi itu sendiri. 

“Maka panjenengan yang ada di koperasi harus bisa memberikan pelatihan-pelatihan. Selain itu, diperlukan juga kaderisasi agar koperasi juga diisi oleh generasi muda,” harap Wabup perempuan berlatar pendidik itu.

Kiprah koperasi di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik cukup moncer. Buktinya, sejumlah koperasi telah meraih apresiasi dari pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim. Koperasi itu, antara lain, Koperasi Konsumen Karyawan Petrokimia Gresik (K3PG) dan Koperasi Jasa Karyawan Usaha Sejahtera Bersama (Kopkar Semen Indonesia Logistik). Keduanya meraih juara pertama di Jawa Timur. 

Sedangkan, BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik mendapatkan juara 3 pada kategori koperasi simpan pinjam. Pada momentum peringatan Hari Koperasi Nasional kali ini, Pemkab Gresik menyerahkan beberapa penghargaan. Di antaranya penghargaan koperasi sehat Kabupaten Gresik, tokoh penggerak koperasi, serta pengelola koperasi.

Pemkab juga memberikan apresiasi kepada pemenang lomba paduan suara antar koperasi wanita, dan lomba cepat tepat perkoperasian tingkat SMA. Pada kesempatan yang sama, dilantik juga pengurus dan pengawas pusat koperasi karyawan Gresik masa bakti 2023 — 2027. (yad)