Bupati Gresik Ajak Kolaborasi, Desa Bangun Potensi Wisata, Pemkab Bangun Infrastruktur Jalan Menuju Desa Wisata 

https://www.1minute.id/wp-content/uploads/2023/08/05082023-musyda_muh.jpg

GRESIK1minute.id – Pemerintahan Desa terus berbenah. Menggali potensi desa agar bisa mendongkrak  ekonomi dan mensejahterakan warganya. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menegaskan kembali komitmen mendukung potensi desa berbasis desa wisata. 

“Yang jelas Pemerintah Kabupaten Gresik sangat mendukung peningkatan wisata desa. Saya melihat ada semangat wirausaha melalui wisata desa,” kata Fandi Akhmad Yani usai  membuka Musyawarah Daerah (Musyada) ke-XVII Pemuda Muhammadiyah Gresik di Wisata Alam Gosari (Wagos) di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Fandi Akhmad Yani menyempatkan keliling melihat Wisata Alam Wagos itu. Ia didampingi anggota  DPRD Gresik Asroin Widiana, Camat Ujungpangkah Shofwan Hadi dan Kepala Desa Gosari Fathkul Ulum.  

Lebih lanjut, Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani, menyatakan pihaknya akan mengupayakan pembangunan infrastruktur jalan-jalan menuju destinasi wisata desa yang masih rusak. Selain sebagai penunjang perekonomian juga untuk memudahkan wisatawan yang akan berkunjung.

“Ini diperlukan mengingat desa wisata bisa menggerakkan seluruh sektor perekonomian. Terlebih banyak situs dan prasasti bersejarah di Wisata Gosari,” ujarnya. Ia pun mengajak Pemerintah Desa untuk kolaborasi dan bersinergi. Bentuk kerjasamanya, desa fokus menata tempat pariwisata termasuk jalan lingkungan. Pemkab Gresik fokus terhadap infrastruktur yang terintegrasi ke desa-desa wisata.

“Banyak manfaat yang didapatkan dari wisata desa, mulai membuka lapangan kerja hingga menambah PADes (Pendapatan Asli Desa) ,” tuturnya.

Dirinya berharap dari PADes, desa bisa memberikan dampak positif utamanya untuk pendidikan. Cari anak muda dengan SDM yang unggul untuk disekolahkan dari PADes yang bersumber dari wisata desa. “Ini harus kita siapkan untuk menjawab tantangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Gresik. Nantinya sudah ada SDM unggul yang terlahir dari desa desa tersebut,”pungkasnya. (yad)