Jadi Hiburan Warga, Ratusan Pembalap Sepeda Road to Tour Of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023

GRESIK,1minute.id – Pecinta sepeda di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik mendapatkan suguhan menarik pada Minggu, 6 Agustus 2023. Ratusan pembalap dari seluruh Indonesia tumblek-blek Road to Tour Of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023. 

Gresik menjadi tuan rumah event nasional Indonesian Cycling Federation itu. Event digelar di Jalan R.A.Kartini, Gresik ini adalah event yang diselenggarakan ISSI Gresik, ISSI Provinsi Jawa Timur. Disupport oleh PB ISSI, Polres Gresik, Yayasan Bhayangkari, dan Mainsepeda. 

Sepanjang jalan balapan dipenuhi warga. Mereka seakan tidak berkedip melihat ratusan pembalap sepeda tersebut. Sebab, balapan sepeda ini kali pertama dalam 5 tahun terakhir ini. Balapan dibagi dalam sebelas kategori. Yakni, Men Elite (10 laps), Men Junior (6 laps), Men Open Amatir (4 laps), Men Master A (8 laps), Men Master B (6 laps), Men Master C (4 laps), Men Youth (3 laps), Women Elite (6 laps), Women Junior (3 laps), Women Open Amatir (4 laps), dan Women Master Open (4 laps). Panjang lintas 1 laps adalah 2 kilometer. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman mengatakan, pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat melahirkan atlet-atlet pembalap sepeda nasional yang berprestasi di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka untuk mencetak atlet-atlet dari Kabupaten Gresik.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi event yang tidak terpisahkan dari prestasi di Jawa Timur dan khususnya di Kabupaten Gresik, dan atlet-atlet internasional yang ada di Kabupaten Gresik,” imbuh mantan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman-kini-Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Gresik itu.

BALAP SEPEDA: Ratusan peserta Road to Tour Of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 sedang melewati putar lapangan di Jalan RA Kartini, Gresik pada Minggu, 6 Agustus 2023 ( Foto: chusnul cahyadi/1minute.id)

 Sebagai tuan rumah, Pemkab Gresik menyambut dengan baik serta menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir meramaikan kegiatan ini. “Ini merupakan seri nasional yang bisa dilaksanakan di Kabupaten Gresik, terima kasih sudah hadir,” jelas dia.

Segala persiapan dan kesiapan untuk menyelenggarakan kegiatan ini serba mendadak. Namun, atas dukungan dari berbagai pihak sehingga bisa berjalan dengan baik. “Sebetulnya terkait dengan kegiatan ini mendadak, dari informasi sekitar 2 mingguan yang lalu. Alhamdulillah, sekarang siap dilaksanakan. Kita lakukan koordinasi dengan PJ terkait, dengan Polres, dan banyak pihak lainnya. Dan, Alhamdulillah kita bisa menyajikan Road to Kumala seri 3 ini dalam kondisi sehat,” katanya.

Tampak hadir dalam event tersebut, diantaranya, Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom, Ketua ISSI Gresik Kompol Erika Purwana Putra dan lainnya. (yad)