Gresik Tuan Rumah Balapan Sepeda Jalan Raya atau Criterium.  Apa sih Criterium itu?

GRESIK,1minute.id – Ribuan pasangan mata tertuju di Jalan R.A.Kartini, Gresik pada Minggu, 6 Agustus 2023. Sebab, ratusan pembalap sepeda seluruh Indonesia mengikuti balap sepeda di jalan raya (road race) ambil bagian dalam Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 itu.

Gelaran kali pertama kurun waktu 5 tahun terakhir ini diselenggarakan oleh ISSI Gresik, Pengda ISSI Provinsi Jawa Timur dan mendapat support oleh PB ISSI, Polres Gresik, Yayasan Bhayangkari, dan Mainsepeda itu. Balapan dibagi dalam sebelas kategori. 

Yakni, Men Elite (10 laps), Men Junior (6 laps), Men Open Amatir (4 laps), Men Master A (8 laps), Men Master B (6 laps), Men Master C (4 laps), Men Youth (3 laps), Women Elite (6 laps), Women Junior (3 laps), Women Open Amatir (4 laps), dan Women Master Open (4 laps). Panjang lintasan 1 laps adalah 2 kilometer. 

Mendengar dan membaca istilah “Criterium” atau Crit mungkin banyak pembaca, masyarakat, bahkan pencinta sepeda yang belum memahaminya. Berikut pengertian Criterium menurut UCI (Union Cycliste Internationale/International Cycling Union). UCI merupakan organisasi sepeda dunia yang mengatur tentang kejuaraan atau perlombaan dan kegiatan sepeda profesional.

BALAP SEPEDA JALAN RAYA : Gresik menjadi tuan rumah Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 di Jalan R.A.Kartini, Gresik pada Minggu, 6 Agustus 2023 ( Foto: chusnul cahyadi/1minute.id)

Criterium merupakan salah satu cabang balap sepeda jalan raya (road race) yang memiliki lintasan berputar (loop). Lintasan yang digunakan untuk sirkuit biasanya adalah jalan raya di tengah kota yang ditutup untuk lalu-lintas umum.

Panjang lintasan setiap nomor dalam Criterium ditentukan oleh jumlah putaran. Jarak tempuhnya jauh lebih pendek dibandingkan cabang road race lainnya. Itulah mengapa Criterium banyak digemari lantaran jarak tempuhnya yang pendek, sehingga pencinta sepeda bisa mengikutinya, tidak harus menjadi atlet profesional.

Sebagaimana nomor balap sepeda pada umumnya, Criterium juga menerapkan intermediate sprint (sprint jarak pendek) menjelang garis finish pada putaran terakhir. Tentu di sini memerlukan penguasaan teknik sprint untuk meraih kemenangan. Seorang pelatih mengatakan, dalam Criterium itu, awal pembalap akan bergerombol. Bahkan mereka memilih tempat di belakang. 

Mengapa? Mereka yang di belakang ini membutuhkan energi lebih kecil daripada yang bagian depan. “Bagian depan ini, membuka jalur membutuhkan energi lebih,” katanya pada Minggu, 6 Agustus 2023. Pembalap mulai sprint memasuki laps terakhir hingga memasuki finish.  Merangkum dari berbagai sumber menyebutkan Criterium atau crit, adalah salah satu jenis balap sepeda jalan raya yang terdiri dari beberapa putaran (lap) dalam sebuah sirkuit jalan raya yang tertutup dari lalu lintas umum.

Sepeda balap yang digunakan untuk lomba criterium sekilas tidak terlihat berbeda, tetapi dengan sebenarnya mempunya geometri yang berbeda dari yang digunakan pada perlombaan start massal, dan balap tahapan. Rangka dari sepeda touring mengutamakan stabilitas untuk menjelajah, sedangkan sepeda khusus untuk criterium menekankan pada kestabilan yang diseimbangkan dengan kelincahan. Sehingga, pembalap criterium biasanya memilih sepeda dengan:

1. wheelbase (jarak antara pusat roda) sependek mungkin, untuk meningkatkan kemampuan berbelok. Chainstay sependek mungkin, dan top tube yang lebih pendek (kadang menyebabkan ujung kaki melewati roda depan pada ukuran rangka sepeda yang kecil)

2. rangka dengan rake (sudut fork) yang lebih tegak untuk mengurangi trail. Sepeda dengan trail yang lebih kecil, lebih responsif untuk dikendalikan dan walaupun akan mengurangi sedikit stabilitas.

3.engkol yang pendek (145-170mm) dan bottom bracket yang lebih tinggi (+10mm) agar pedal tidak menyentuh tanah ketika berbelok sambil mengayuh sepeda. Pembalap terlatih criterium harus mengerti bahwa pada sepeda dengan bottom bracket yang rendah, mengayuh sepeda pada tikungan sebaiknya dihindari. roda sepeda yang lebih aerodinamis. 

4. Aerodinamis adalah faktor yang penting, walaupun dalam rombongan. Pembalap pro criterium dapat mencapai kecapatan 50 km/jam (31 mph)

5. stang dengan lekukan yang lebih tajam dari sepeda balap yang biasa, karena pesepeda akan lebih banyak menunduk ketika bersepeda. (yad)