Sungonlegowo Bangun TPS3R Kapasitas 4 Ton Perhari, Bupati Gresik : TPS3R Pertama Bisa Jadi Inspirasi Desa Lainnya 

GRESIK,1minute.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik semakin optimistis bisa memboyong Piala Adipura tahun ini. Sebab, gaya hidup masyarakat di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik semakin baik. Tidak membuang sampah sembarangan. 

Bahkan, tempat pengolahan sampah pun sudah sampai ke pedesaan. Antara lain, Desa Sungonlegowo, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Desa yang dipimpin oleh Sayuti itu telah memiliki Tempat Pengolahan Sampah, Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R). Peresmian TPS3R pertama ini dilakukan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani beserta Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah pada Senin, 7 Agustus 2023.

“Alhamdulillah, Sungonlegowo sudah revolusioner. Punya inovasi dalam pengolahan sampah melalui TPS3R ini. Maka, ini menjadi bukti bahwa masyarakat kita berfikir untuk menjaga lingkungan dari sampah, meskipun dengan proses yang cukup lama,” ujar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Senin, 7 Agustus 2023.

Pembangunan TPS3R dilakukan secara multiyears. Selama 3 tahun. Pembangunan TPS3R menggunakan dana desa (DD) dengan luas bangunan 20×8 meter persegi. Dan, telah beroperasi sebulan terakhir ini menyerap 8 orang tenaga kerja. Semuanya ada pemuda desa setempat. TPS3R ini dapat mengolah sampah hingga 4 ton per hari. Sampah organik yang telah diolah, dapat digunakan sebagai pupuk kompos. Dan, briket. Mesin pembuat briket ini sumbangan dari Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

“Kita juga bantu belikan peralatan pengolahan sampah. Artinya kita membantu sesuai dengan konsentrasi desa. Disini kita berikan mesin RDF yang dapat menghasilkan briket, yang dapat menjadi bahan bakar alternatif pengganti kayu bakar.” ujarnya.

Desa Sungonlegowo merupakan yang pertama menerapkan TPS3R di wilayah Gresik Utara. Sehingga, dengan kapasitas pengolahan sampah yang besar dan tepat, Sungonlegowo berpotensi menyerap sampah dari luar desa.

“Artinya, masyarakat Sungonlegowo sudah punya tempat sampah terpadu. Maka diharapkan partisipasi masyarakat jangan buang sampah sembarangan. Dan semoga ini menjadi inspirasi untuk para Camat dan Kepala Desa Gresik Utara dalam membuat TPS seperti ini,” imbuh mantan Ketua DPRD Gresik itu.

Tampak hadir dalam peresmian TPS3R Sungonlegowo itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik Abu Hassan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Siti Subaidah dan Ketua TP PKKGresik Nurul Haromaini Ali serta Kepala KBPPPA Gresik Titik Ernawati. (yad)