Gudang Cat dan Tiner di Kepatihan Industri Terbakar, Sehari 5 Kali Kebakaran di Gresik


GRESIK
,1minute.id – Kebakaran terjadi di gudang cat dan tiner serta gudang kabel dan kardus di Kepatihan Industri I, Desa Gempol Kurung, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik pada Minggu malam, 3 September 2023. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran hebat yang melahap dua gudang tersebut. 

Dugaan awal, kebakaran di gudang UD Anugerah Jaya Sentosa dan Imam Jaya itu. Informasi yang didapat dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik mendapatkan laporan dari pegawai di gudang buah (UD. Indofresh Jaya) melihat ada asap di gudang cet dan tiner, UD Anugerah Jaya Sentosa pada Minggu, 3 September 2023 pukul 19.15 WIB.

“Saat itu saksi sedang istirahat di dalam gudang melihat api di sela-sela atap gudang yang berasal dari gudang sebelah (gudan cat dan tiner UD Anugerah Jaya Sentosa,”Red),” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Senin, 4 September 2023.

Karena gudang cat dan tiner api cepat membesar. Ditambah tiupan angin menjadikan amuk api tidak terkendali. Lidah api menjilat gudang kabel dan kardus. Tim petugas damkar dari posko Menganti kuwalahan dan meminta bantuan dari posko kota dan posko Driyorejo. Selain 3 unit mobil damkar milik Pemkab Gresik Gresik. Terdapat bantuan satu unit mobil damkar dari PT Wilmar Nabati Indonesia dan dua unit mobil Damkar dari Pakal, Surabaya. “Pihak perusahaan juga menyiapkan 12 unit mobil tangki suplai air,” terangnya. 

Dengan kekuatan enam unit mobil damkar dan 15 unit mobil suplai air, petugas pemadam kebakaran tidak kesulitan untuk memadamkan amuk si jago merah yang membakar dua gudang tersebut. Petugas membutuhkan waktu selama 6 jam untuk menjinakkan amuk api tersebut. “Sekitar pukul 02.25 WIB, kami baru bisa memadamkan apinya,” terang mantan Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, budayawan, pemuda dan olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik.

Kebakaran gudang cat dan tiner serta gudang kabel dan kardus ini menambah panjang kejadian yang terjadi di Kota Industri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. “Sampai 3 September ini, sudah 15 kejadian kebakaran. Rata-rata 5 kali kebakaran dalam sehari,” urai Sinaga. (yad)