Lat Praops Operasi Mantap Brata, Polri Siap Amankan Pemilu 2024

GRESIK,1minute.id – Polres Gresik menggelar latihan Praops Operasi Mantap Brata 2024 di Ruang Rupatama Sarja Arya Racana Polres Gresik pada Senin, 16 Oktober 2023. Latihan pra operasi untuk Operasi Mantap Brata 2024 atau operasi keamanan yang dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk mengamankan pemilihan umum (pemilu) 2024.

Latihan bertujuan untuk mempersiapkan personel Polri dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom saat membuka Lat Praops menjelaskan bahwa Operasi Mantap Brata 2024 adalah bagian penting dari persiapan Polri untuk Pemilu 2024. Dengan memastikan bahwa personelnya terlatih dan dilengkapi dengan baik, Polri dapat membantu memastikan bahwa pemilu dilaksanakan dengan aman dan lancar.

“Membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan personel Polri dalam mengamankan pemilu, mengidentifikasi dan memitigasi potensi ancaman dan risiko keamanan, memastikan bahwa personel Polri siap menghadapi segala kemungkinan pada hari pemilihan, meningkatkan kepercayaan publik pada proses keamanan pemilu ” ujar AKBP Adhitya Panji Anom.

Perlu diketahui Lat Praops Operasi Mantap Brata 2024 dilaksanakan di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Polda hingga Polres diikuti oleh seluruh personel Polri yang akan bertugas dalam pengamanan Pemilu 2024. “Lat Praops Operasi Mantap Brata 2024, diharapkan Polri dapat mengamankan pemilu 2024 dengan aman dan lancar,” imbuh Mantan Kapolres Blitar itu.

Ditempat sama, Kabag Ops Polres Gresik Kompol Andria Diana Putra menambahkan materi tentang undang-undang dan peraturan pemilu, ancaman dan risiko keamanan, pengendalian massa dan manajemen ketertiban umum, pencegahan dan pendeteksian kejahatan, serta respon darurat. 

“Besok Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2024 di lanjutkan latihan simulasi skenario hari pemilihan, seperti pengamanan TPS, pengamanan konvoi caleg, dan pengamanan rapat umum,” kata Kompol Andria. (yad)