Polres Gresik Siagakan 660 Personil, Bentuk Satgas Anti Politik Uang untuk Amankan Pemilu 2024

GRESIK,1minute.id – Polres Gresik menggelar Apel Operasi Mantap Brata Semeru 2023/2024 di halaman Mapolres Gresik pada Senin,17 Oktober 2023. Apel dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 ini diikuti oleh 660 personel Polres Gresik.  Operasi Mantap Brata Semeru guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024. Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden, Pemilihan Gubernur sampai Pemilihan Bupati ini digelar selama 222 hari, mulai 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024.

Waka Polres Gresik Kompol Erika Purwana Putra yang didaulat sebagai pimpin apel dan di ikuti Forkopimda, PJU, Kapolsek Jajaran dan tamu undangan ini. Dalam sambutannya, Kompol Erika Purwana Putra menjelaskan terkait tindak pidana pemilu, Polres Gresik melakukan koordinasi dan kolaborasi antarpilar sentra gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat

“Apabila nantinya terdapat situasi bencana alam di suatu daerah seperti contohnya mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi pengungsian,” ucap mantan Waka Polres Jombang itu. “Dengan mengoptimalkan preventive strike agar pelaku teror berhasil ditangkap sebelum melancarkan aksinya, sehingga kita bisa memastikan tidak ada letupan sekecil apapun pada pemilu 2024,” tambah mantan Kasatlantas Polres Gresik ini.

Polri juga menggelar operasi nusantara Cooling system 2023-2024 untuk membangun narasi guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehouse of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pemilu damai. Setelah apel kesiapan pengamanan pemilu 2024 dilanjutkan sistem pengamanan kota (Sispamkota) dan gladi lapangan guna kesiapan menghadapi pemilu 2024. (yad)