Bediang di Jalan Panggang, 2 Rumah, 1 Warkop dan 8 Ekor Kambing Terbakar 

GRESIK,1minute.id – Jalan Panggang membara pada Selasa malam, 17 Oktober 2023. Dua unit rumah, satu unit warung dan satu unit kandang yang berada di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik itu ludes terbakar. Delapan ekor kambing mati terbakar.

Berdasarkan laporan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik kebakaran terjadi pada Selasa, 17 Oktober 2023 pukul 18.18 WIB. Malam itu, Udin, anak Pardi, pemilik rumah dan kandang kambing di Jalan Panggang, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik membakar sisa makanan hewan kambing piaraannya. Tujuannya, untuk bediang. Bediang adalah kegiatan yang kerap dilakukan para pemilik hewan ternak, kambing atau sapi untuk mengusir serangga atau semacam api unggun untuk mengusir nyamuk.

Setelah membakar sisa makanan kambing itu, Udin pergi. Ny Narsih, tetangga Pardi saat itu sedang Salat Mahrib di rumahnya. Asap memenuhi rumah membuat istri Arifin bergegas keluar. Ia kaget. Sebab, dua rumah tetangga sudah terbakar. Lidah api kemudian menjilad warung kopi. Api terus membesar. “Ada pengguna jalan yang melihat Kebakaran itu kemudian melaporkan ke kami (Damkarmat),” kata Kepala Dinas Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Rabu, 18 Oktober 2023. 

Api semakin membesar. Beruntung petugas damkar cepat tiba di lokasi kebakaran. Ada dua unit rumah, satu warkop dan satu kandang yang terbakar. Semua bangunan semi permanen. “Dalam kandang ada 8 ekor kambing yang terbakar,” ujar Sinaga. Petugas Damkarmat akhirnya bisa menjinakkan api sekitar pukul 9 malam. (yad)