Masjid KH Muchtar Djamil Segera Berdiri, Bupati Gresik: Menginspirasi Kepedulian Umat

GRESIK,1minute.id – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani  meresmikan peletakan batu pertama Masjid KH Muchtar Djamil di Perumahan Green Garden Gresik pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Rencananya masjid ini akan dibangun 3 lantai dan mampu menampung hingga 700 jemaah. Pembangunan Masjid ditargetkan selesai pada 2025. Fandi Akhmad Yani terharu dan memberikan apresiasi pembangunan masjid ini. Ia juga menitipkan pesan agar masyarakat terus gotong royong dalam membangun masjid.

KH Muchtar Djamil wafat pada 14 Maret 2022. Kiai Tar adalah tokoh agama. Beliau juga seorang budayawan Islam di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. Berkat beliau, terselenggara napak tilas Sunan Giri pada Hari Jadi ke-530 Kota Gresik pada 9 Maret 2017. Namun, tradisi nguri-uri budaya Islam yang banyak ditunggu masyarakat dan pencinta seni dan budaya itu hanya seumur jagung. Pada 2020 wabah coronavirus disease 2019 (Covid-19) mengganas. Tradisi napak tilas berhenti. 

Masjid KH Muchtar Djamil bakal berdiri 3 lantai dibangun di atas atas tanah fasos perumahan seluas 700 meter persegi. Tanah tersebut merupakan fasilitas sosial yang disiapkan oleh PT Raya Bumi Nusantara Permai (RBNP), pengembang Perumahan Green Garden Regency. Pembangunan masjid ini diperkirakan menelan biaya sebesar Rp 4 milliar.

Nantinya lantai 1 akan digunakan aktifitas kesekretariatan. Sementara lantai 2 dan 3 digunakan untuk aktifitas ibadah. Tampak hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan masjid ini Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Gresik Ida Lailatussa’diyah.

“Ini akan menjadi momen gotong royong dan kepedulian umat yang bisa menginspirasi ke berbagai wilayah” kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Dikatakan, pembangunan masjid ini momen bagus karena bertepatan dengan Hari Santri. Semoga niat warga membangun masjid di Hari Santri ini mendapatkan keberkahan dan kemanfaatan. “Semoga apa yang diharapkan warga perumahan membangun masjid segera terealisir. Sehingga ini akan menjadi ladang amal bagi warga semua,” ujarnya. 

Kepala Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas Edi Hasan menyatakan kegembiraanya melihat partisipasi warga Perumahan Green Garden yang secara swadaya membangun Masjid. “Masjid ini bentuk kepedulian warga perumahan dalam membangun masjid menjadi contoh bagi warga lainnya untuk guyub dan gotong royong mewujudkan rencananya,” kata Edi Hasan. (yad)