Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani Siapkan Bonus Atlet Porprov, Medali Emas Rp 35 Juta

GRESIK,1minute.id – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menjanjikan bonus untuk atlet yang meraih medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VIII tahun 2023. Medali emas Rp 35 juta, medali perak Rp 25 juta dan medali perunggu Rp 20 juta.

“Insya Allah bonusnya tetap kita cairkan tahun depan. Mudah-mudahan bonus ini menjadikan motivasi, semangat dan prestasi para atlet,” kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 di kawasan heritage Bandar Grissee pada Sabtu malam, 21 Oktober 2023.

Puncak peringatan Haornas terasa meriah disaksikan ribuan pasang mata. Mereka adalah orang tua atlet dan warga Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik yang menikmati hangout akhir pekan di kawasan wisata heritage, Bandar Grissee yang bergaya kolonial Belanda itu. Peringatan Haornas diinisiasi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Gresik 

ini juga terdapat pameran cabang olahraga (Cabor). 

Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani kembali menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Gresik melakukan pembinaan kepada calon-calon Patriot Bangsa di bidang olahraga itu. Pemerintah Kabupaten Gresik akan mensupport terus kegiatan atlet. 

Peran dinas, KONI, pelatih dan official harus mendengar apa yang diperlukan atlet. Fasilitas apa yang diperlukan untuk atlet agar maksimal di pertandingan ke depannya. Pelatih, atlet, rumah besarnya KONI, rajin berkomunikasi. Jika berprestasi nantinya akan membawa nama harum Gresik baik tingkat regional bahkan internasional.

“Tidak boleh lagi ada atlet kita tidak bisa memakai tempat untuk berlatih. Karena prestasi olahraga tidak bisa didapatkan secara instan. Kesuksesan tidak diraih hanya secara akademik namun bisa melalui olahraga,” tegasnya. “Speednya harus ditambah. Anggarannya juga sudah ditambah, ini agar anak-anak muda Gresik berprestasi. Baik dijalur akademik maupun non akademik,” tandasnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pariwisata, ekonomi kreatif, Kebudayaan, pemuda dan olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik Saifuddin Ghozali mengatakan, Haornas dilaksanakan dengan rangkaian menyambut atlet yang berlaga di ajang Porprov Jatim. Menurutnya tahun ini Kabupaten Gresik mendapatkan poin lebih bsik dari tahun sebelumnya dan masuk langganan 10 besar.

“Sambutan yang luar biasa dari Bupati Gresik. Terima kasih banyak kepada para atlet, pelatih dan semuanya yang telah membanggakan di ajang Porprov VIII Jatim. Target kita di Porprov berikutnya mudah-mudahan masuk dalam 3 besar, “singkatnya.

Sementara, Ketua KONI Gresik dr. Anis Ambiyo Putri dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan Haornas. Sekaligus memberikan apresiasi, kepada atlet serta mengenalkan 48 cabang olahraga (Cabor) melalui pameran olahraga kepada masyarakat.

“Pada ajang Porprov Jatim VIII terdapat 53 Cabor, jumlah atlet dan ofisial kontingen Kabupaten Gresik 634. Diantaranya 493 atlet dan 141 official dan sebanyak 48 Cabor yang diikuti,” terang Anis.

Porprov 2023 ada peningkatan perolehan medali. Tahun sebelumnya Gresik mendapatkan 227 poin, tahun 2023 naik 250 poin. Dari prestasi atlet Porprov ada 3 Cabor yang menjadi juara umum, yakni Cabor senam, arung jeram, dan hoky. “Kami akan terus berupaya, dalam meningkatkan prestasi untuk mempersiapkan atlet pada Porprov mendatang untuk masuk 3 besar. Sesuai harapan bupati, dan masyarakat Kabupaten Gresik,” tutup Anis. (yad)