Siswa Spenda Gresik Gelar Doa Bersama dan Galang Donasi Kemanusiaan untuk Warga Palestina 

GRESIK,1minute.id – Ratusan siswa UPT SMP Negeri 2 (Spenda) Gresik menggelar doa bersama dan melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk Palestina di halaman sekolah pada Jumat, 3 November 2023. Aksi spontanitas itu berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 6 juta. Dana kemanusiaan untuk Palestina itu kemudian disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gresik.

Penggalangan dana peduli kemanusiaan untuk Palestina itu digagas oleh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan pembina keagamaan karena merasa prihatin banyak korban terutama anak-anak dalam operasi militer yang dilakukan oleh Israel di Gaza, Palestina ini. Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengecam tindakan yang dilakukan oleh tentara Israel tersebut. 

Kegiatan diawali doa bersama yang diikuti semua siswa mulai kelas VII sampai IX atau 761 siswa dan 63 guru karyawan. Mereka berkumpul di halaman sekolah berlokasi di Jalan KH Kholil, Gresik itu. Mereka berdoa perang di Gaza, Palestina segera berakhir dengan damai. Sebab, perang membawa penderitaan bagi warga sipil, utamanya korban anak-anak. Usai doa bersama, siswa kemudian melakukan penggalangan dana untuk kemanusiaan di Palestina itu. 

Penggalangan dana tidak hanya ditujukan kepada siswa. Juga, menyasar 63 karyawan dan guru di sekolah yang dipimpin oleh Mohammad Salim itu. Mereka seakan ikut merasakan penderitaan yang dialami oleh warga Palestina sehingga antusias berpartisipasi ikut donasi. 

“Saya tegas menolak adanya perang yang menyengsarakan rakyat, sebagai siswa tentunya hati kami pilu melihat teman-teman di sana terganggu sekolahnya dan masa depannya tidak menentu , kami berdoa semoga perang segera berakhir dan anak-anak disana terjamin keamanannya,” kata Naldo, salah satu pengurus OSIS SPENDA Gresik itu.

DOA & DONASI PALESTINA: Suasana doa bersama untuk perdamaian di Palestina yang dilakukan oleh siswa, karyawan dan guru UPT SMP Negeri 2 Gresik pada Jumat, 3 November 2023 ( Foto : Istimewa)

Hasil donasi solidaritas kemanusiaan yang terkumpul, imbuhnya, disalurkan melalui Baznas Kabupaten Gresik dengan harapan dapat sedikit membantu. Ada tiga orang pengurus Baznas Gresik yakni Suhanto, Kholiq dan Ridho yang menerima donasi dari siswa, karyawan dan guru Spenda Gresik. Setelah di hitung terkumpul uang Rp 6 juta kemudian memberikan tanda terima dan diserahkan kepada pembina OSIS Ustad Bambang. 

Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Mohammad Salim terharu atas kepedulian siswa, karyawan dan guru kepada sesama itu. Salim dalam sambutannya mengatakan, mengajak anak- anak untuk bersyukur karena masih diberi kenikmatan berupa negara yang aman dan tentram. “Marilah kita gunakan untuk belajar dan meningkatkan prestasi,” kata Salim. (yad)