Nataru, Mendag Zulhas Jamin Harga Kebutuhan Stabil 

GRESIK,1minute.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkiflin Hasan melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan di Pasar Baru Gresik (PBG) pada Selasa, 28 November 2023.

Zulhas-sapaan-Zulkifli Hasan lega. Sebab, harga kebutuhan turun. Dia mencontohkan harga cabe rawit semula Rp 100 ribu turun menjadi Rp 70 ribu per kilogram ; bawang merah berkisar antara Rp 23 ribu sampai Rp 25 ribu per kilogram. Harga bawang putih kini Rp 33 ribu per kilogram. “Jadi turun semua hargppppa-harga itu,” kata Zulhas didampingi oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah usai sidak di pasar berlokasi Jalan Gubernur Suryo, Gresik itu.

Kemudian harga beras stabil, akan tetapi harga bawang putih dan merah fluktuatif. Sedangkan, harga ayam berkisar antara Rp 33 ribu sampai Rp 35 ribu. “Kalau pagi ini masih Rp 33 ribu nanti agak siang akan turun bisa Rp 30 ribu karena ayam tidak boleh tidak laku harus dijual,” terangnya. Melihat harga kebutuhan relatif terkendali Zulhas pun lega. Sebab, stok barang cukup banyak. “Mudah-mudahan nataru (natal dan tahun baru) semua harga-harga bisa stabil,” harapnya. 

Mengapa barang kebutuhan cenderung menurun? Zulhas mengatakan, terkendalinya harga kebutuhan ini karena kolaborasi dan sinergi semua pihak. Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, serta pelaku usaha lainnya. “Harga bisa turun karena adanya kerja sama, ada pak bupati,  ada bu gubernur mendagri setiap senin rapat. Jadi ini (harga stabil) berkat kerja sama semuanya,” katanya.

Pada kesempatan sidak pasar itu, Zulhas terlihat beberapa kali memborong barang seperti ayam dan beras untuk diberikan kepada masyarakat. (yad)