Kompak, Bupati dan Wabup Gresik Resmikan Taman Bunder, RTH untuk Keluarga 

GRESIK,1minute.id – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah meresmikan Taman Bunder pada Rabu, 13 Desember 2023. Taman Bunder atau Taman Lalu Lintas ini menempati area seluas 6.182 meter persegi. Sebelumnya, Taman Bunder ini difungsikan untuk pedagang kaki lima. Kondisi kumuh, bau pusing. 

Kini, terlihat ciamik. Enak di pandang mata. Karena banyak ditumbuhi tanaman hias. Sehingga terlihat lebih Asri.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyatakan keseriusannya dalam pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Industri-sebutanLain-Kabupaten Gresik ini. Kedepan, imbuhnya, keberadaan taman-taman tematik diharapkan bisa ada di tiap kecamatan di Kabupaten Gresik.

“Pemerintah Kabupaten Gresik akan terus mendorong pembangunan Ruang Terbuka Hijau di tiap-tiap kecamatan. Ini tidak hanya sekedar untuk kebutuhan lomba, melainkan kita harapkan RTH tersebut bisa dimanfaatkan oleh semua komunitas serta bisa dinikmati oleh kelompok rentan (lansia, anak-anak, dan wanita),” terang Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

RTH Taman Bunder ini, juga terdapat air muncrat yang memancarkan aneka warna seakan menari-nari ketika malam hari. Fasilitas lainnya adalah area pembelajaran tentang tertib berlalu lintas bagi anak usia dini. Fasilitas lainnya, stan bagi pelaku UMKM.

“RTH semacam ini memberikan dampak yang luar biasa. Tidak hanya kelestarian lingkungan, tetapi juga mendorong pelaku UMKM untuk tumbuh. Sinergitas inilah yang harus terus kita jaga. Karenanya saya mengajak masyarakat Gresik, untuk bisa manfaatkan Taman Bunder ini. Seperti saat weekend , masyarakat bersama keluarga bisa berolahraga di taman, kemudian sarapannya membeli di UMKM disini,” ujarnya.

Pembangunan RTH, menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Gresik, dalam mewujudkan Gresik Lestari di tengah julukan Kota Industri. Disamping itu, pembangunan RTH juga menjadi strategi dalam menjadikan Kabupaten Gresik yang semakin ramah terhadap anak.

Diresmikannya Taman Bunder ini, menambah banyak jumlah RTH di Gresik. Belum lama ini, salah satu RTH di Desa Prambangan, Kecamatan Kebomas mendapatkan akreditasi utama dari pusat dalam kategori Ruang Bermain Ramah Anak. (yad)