Lagi, Posbakum Pengadilan Negeri Gresik Raih Juara  Nasional

GRESIK,1minute.id – Pengadilan Negeri (PN)/Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Gresik kelas 1A kembali menorehkan prestasi. Tahun 2022, Posbakum PN Gresik berhasil menjadi juara 1 lomba posbakum tingkat nasional untuk klasifikasi PN Kelas 1 A. 

Tahun ini, Pos Bantuan Hukum (Posbakum) PN Gresik berhasil meraih juara 3 tingkat nasional pada lomba yang diadakan oleh Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung Republik Indonesia (MARI). Pada lomba kali ini tidak ada klasifikasi tipe pengadilan. Akan tetapi, lomba ini untuk semua kategori kelas yakni kelas II, I A, B maupun kelas I A khusus.

Untuk juara 1 diraih Posbakum Pengadilan Negeri Jember dengan nilai 92, Juara 2 Pengadilan Negeri Kepahiang dengan nilai 90, dan Juara 3 diperoleh Pengadilan Negeri Gresik dengan nilai 89,50. Awarding lomba Posbakum Nasional ini digelar di Pendapa Bupati Jember pada Senin, 11 Desember 2023. Piagam penghargaan juara 3 Posbakum tingkat nasional diserahkan lansung oleh YM Ketua MARI didampingi YM Waka MA Yudisial, dan beberapa YM Ketua kamar MARI serta Dirjen Badilum kepada Ketua PN Gresik Agus Walujo Tjahjono. 

Ketua PN/PHI Gresik Kelas 1 A Agus Walujo Tjahjono mengucapkan banyak terima kasih kepada pengelolah Posbakum PN Gresik, YLBH Fajar Trilaksana atas kerja keras dan jerih payahnya sehingga Posbakum PN Gresik berhasil meraih juara 3 tingkat Nasional.

“Menjadi juara 3 dari ratusan Pengadilan Negeri di Indonesia menjadi kebanggaan dan prestasi yang luar biasa diraih oleh PN Gresik,” ujar Agus Walujo Tjahjono kepqda wartawan pada Rabu, 13 Desember 2023. 

Lebih lanjut dikatakan, Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras dan dukungan dari aparat kepaniteraaan hukum PN Gresik yang aktif dan inten menjalin hubungan kerjasama dengan posbakum PN Gresik. Tidak hanya itu, peran serta partisipasi masyarakat Gresik yang aktif menggunakan inovasi – inovasi posbakum untuk memperoleh konsultasi hukum secara gratis dari Posbakum PN Gresik.

“Piagam penghargaan untuk Posbakum PN Gresik ini diraih untuk yang kedua kalinya, sebelumnya tahun 2022 Posbakum PN Gresik memperoleh juara 1 tingkat Nasional untuk PN volume perkara 1001-2000 kelas 1 A,” jelasnya. “Piagam penghargaan juara 3 tingkat nasioanal pada lomba posbakum ini merupakan piagam penghargaan yang ke 15 untuk Pengadilan Negeri Gresik pada saat kepemimpinan saya pada bulan Februari 2022 – Desember 2023,” tambahnya.

Masih menurutnya, kedepan PN Gresik akan lebih berinovasi berbasis Informasi tehnologi untuk lebih mewujudkan pelayanan konsultasi hukum ke seluruh masyarakat Gresik di seluruh wilayah hukum PN Gresik secara gratis melalui teknologi Informasi.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak baik karyawan, staf, hakim dan kepaniteraan serta stakeholder sehingga PN Gresik kembali mendapatkan penghargaan pada skala nasional. Tidak lupa ucapan terima kasih kapada para wartawan yang telah membantu menginformasikan kepada masyarakat Gresik tentang inovasi dari posbakum PN Gresik,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Fajar Trilaksana, Fajar Yulianto bangga dan ikut tersanjung Posbakum PN Gresik meraih peringkat III nasional. “Kami sebagai pemegang amanat dalam mengelola layanan Posbakum di PN Gresik ikut tersanjung dan bangga. Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak serta suport dari ketua PN dan tim posbakum PN Gresik,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Fajar, kedepan tugas Posbakum tentu justru semakin berat karena harus mampu meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat Gresik pada umumnya dengan inovasi-inovasi baru yang harus dilakukan di Posbakum Gresik. “Terimakasih kepada semua pihak juga masyarakat pada Gresik yg telah mempercayai posbakum PN Gresik sebagai salah satu akses mencari keadilan,” pungkasnya. (yad)