Perkuat Bansos, Bupati Gresik Upaya Wujudkan Nelayan Mandiri dan Berdaulat 

GRESIK,1minute.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menggelar Rembug Akur :  Bhakti Peduli Nelayan Bermartabat di Balai Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu. Dalam acara itu menyalurkan bantuan sosial (Bansos) sebanyak 1.580 paket sembako untuk seluruh nelayan di Kabupaten Gresik.

Diantaranya, 200 paket sembako untuk nelayan Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Selasa, 12 Desember 2023. “Kami terus berupaya memberikan perhatian kepada para nelayan. Semoga dengan bantuan ini dapat sedikit membantu para nelayan Gresik,” kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Pada kesempatan itu, Ia berharap para nelayan tidak sampai terlilit pinjaman online atau Pinjol. Menurutnya, ini menjadi salah satu problematika tersendiri yang harus diperhatikan dengan serius dalam rangka menciptakan nelayan mandiri dan berdaulat.

“Tugas pemerintah saat ini adalah memperkuat jaminan sosial masyarakatnya. Jaminan kesehatan, sosial, bantuan sosial agar kita bisa terhindar dari inflasi yang tinggi. Sehingga dapat menjadikan semua nelayan menjadi berdaulat dan mandiri,” ujar Gus Yani. Dalam acara tersebut, mantan Ketua DPRD Gresik itu menyerap banyak aspirasi dari masyarakat setempat. Diantaranya, pengaduan dari para nelayan kesulitan melaut karena kondisi labuhan perahu di pantai dan bengawan solo yang dangkal.

Menanggapi hal tersebut, Gus Yani mengatakan, akan mengambil langkah cepat dengan berkoordinasi bersama pihak terkait. “Kita telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait termasuk kepala desa setempat untuk hal itu. Mudah-mudahan akan memberikan hasil yang baik untuk masyarakat khususnya para nelayan,” ungkapnya.

Rembug Akur ini juga diselingi dengan penyerahan hadiah lomba Optimalisasi Tempat Pendaratan Ikan dan Tambatan Perahu. Lomba telah digelar oleh Dinas Perikanan Gresik sejak  Agustus 2023 lalu. Ada enam pemenang yakni juara 1,2 dan 3. Kemudian, harapan 1,2 dan 3. 

Para jawara diberikan sebuah trofi, sertifikat, dan hadiah uang tunai dengan nilai total Rp 16 juta. Berikut para pemenang lomba tersebut, yakni : Juara I TPI dan Tambatan Perahu Nelayan Banyuurip ; Juara II  Pangkah Wetan. Keduanya Kecamatan Ujungpangkah dan Juara III KUB Balai Sinar Mandiri. Penyerahan hadiah disaksikan oleh Asisten II Setda Gresik Edy Hadisiswoyo, Kepala Dinas Perikanan  Gresik Moh. Nadlelah, Forkopimcam Sidayu, Kepala Desa Randuboto Andhi Sulandra.  Camat Bungah Moh. Izzul Muttaqin dan perwakilan perusahaan yakni Petro Oxo, Gresik Migas, dan PLN Gresik. (yad)