Jelang Libur Sekolah, Alumni Sukses SPENDA Gresik Berikan Motivasi Siswa, Rajin Belajar, Hormati Guru dan Berdoa 

GRESIK,1minute.id – UPT SMP Negeri 2 (SPENDA) Gresik memiliki cara berbeda untuk memberikan motivasi kepada para peserta didik. Sekolah yang dipimpin oleh Mohammad Salim itu menggagas acara Gelar Karya “Pembekalan Akhir Semester” di halaman sekolah di Jalan KH Kholil, Gresik itu pada Senin, 18 Desember 2023.

Seluruh peserta didik berjumlah 761 anak mulai kelas VII sampai IX, tumplek-blek di halaman sekolah untuk mendapatkan pembekalan dan motivasi dari para alumni dari sekolah tersebut. Ada lima motivator yang hadir. Mereka adalah orang-orang sukses. Lima motivator itu adalah Prof Agus Budiono P.Hd.,MT ; Brigadir Jenderal TNI (Mar) Amir Faisal. Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIV/tahun 1988 pernah menjabat sebagai Inspektur Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Ir Kodiklatal). 

Kemudian, Ninis Trisilowati, Ketua Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Gresik periode 2016-2021 ; Edi Sutrisno, karyawan pabrik pupuk, PT Petrokimia Gresik dan Umaya, fungsional Teknis Penyehatan Lingkungan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik.  

Kehadiran orang-orang hebat dieranya masing-masing itu membuat psikologis peserta didik di SPENDA Gresik itu terpompa. Mereka Bangga bisa sekolah yang memiliki tagline “Sekolah Juara, Cerdas, Berkarakter,  Berakhlaq” itu. Kesuksesan harus belajar ekstrakeras. Selain iti, kata mereka, hormat pada orang tua, guru dan teman itulah bekal perjalanan sukses dan terus berikhtiar ibadah berdoa.  “Aktif di kegiatan sekolah,” katanya. 

Brigjend TNI (Mar) Amir Faisal adalah alumni tahun 1975. Beliau lahir Betoyo Guci, Manyar, Gresik pada 19 Desember 1965. Salah satu putra terbaik dari Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. 

MOTIVASI ALUMNI SUKSES: Brigjend TNI (Mar) Amir Faisal ketika memberikan motivasi kepada seluruh siswa SMP Negeri 2 Gresik di halaman sekolah pada Senin, 18 Desember 2023 ( Foto: SMP Negeri 2 Gresik for 1minute.id)

Sementara itu, Ninis Trisilowati, pengusaha memberikan motivasi kepada peserta didik untuk semangat belajar dan tidak melakukan bullying kepada teman. “Belajar yang rajin, hormati guru, terus beribadah, dan jangan membully teman,” ujarnya. Spenda Gresik adalah sekolah ramah anak di Gresik. Selain sekolah ramah anak, Spenda Gresik juga sekolah ramah lingkungan (zero waste) dengan kantin sekolah satu-satunya memiliki sertifikat Halal. 

Motivator penutup adalah Umaya. Pejabat fungsional Penyehatan Lingkungan di DLH Gresik ini, mengajak para peserta didik untuk tetap semangat hidup bersih dan sekolah terus ukir juara prestasi.

Untuk diketahui liburan semester sekolah segera tiba. Libur panjang akhir tahun, Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Masa yang di tunggu-tunggu sebagian besar siswa. Spenda Gresik berharap masa libur semester itu bisa diisi dengan kegiatan yang positif.

Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Mohammad Salim mengatakan, acara ini digelar untuk mengisi kegiatan kosong belajar setelah selesai ujian. “Anak tidak jam kosong selain itu menjelang liburan diberikan motivasi sukses dari alumni yang sudah sukses di bidang masing masing sebagai alumni peduli dan sambung sekolah,” kata Salim. 

“Program ini dalam rangka menguatkan prinsip kehidupan yang baik sejak dini diusia pelajar yang notabenenya usia produktif meraih masa depan,” imbuhnya. 

Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS)

DISKUSI INTERAKTIF : Siswa UPT SMP Negeri 2 Gresik dalam kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) bersama Kepala KUA, Kantor Kementerian Agama (Kemanag) Gresik di Ruang Perpustakaan sekolah pada Senin, 18 Desember 2023 ( Foto: UPT SMPN 2 Gresik for 1minute.id)

Usai kegiatan motivasidi halaman sekolah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS). Kegiatan dipusatkan di perpustakaan sekolah. Peserta adalah anak-anak pilihan jumlahnya 35 siswa. Pemateri BRUS berasal dari Kantor Urusan Agama (KUA), Kementerian Agama (Kemanag) Gresik berjumlah 5 orang. Antara lain, Kepala KUA Gresik Nasihun Amin dan penyuluh Abdullah Yazid. 

Metode penyampaian dengan cara diskusi dan interaksi belajar mengeksplorasi kepribadian baik. Diskusi pun gayeng. Sekar, salah satu siswa peserta mengaku sangat senang bisa terpilih mengikuti diskusi interaktif itu. ” Kegiatan ini keren sangat bermanfaat untuk saya, dan teman dalam memupuk alkhaq mulia sejak usia muda,” katanya. (yad)