Patuh Bayar PBB Sebelum Jatuh Tempo, Wilmar Raih Anugerah Perusahaan Teladan dari Pemkab Gresik 

GRESIK,1minute.id – PT Wilmar Nabati Indonesia (WINA) kembali dinobatkan sebagai perusahaan teladan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Perusahaan pengolahan kelapa sawit itu, memberikan teladan dengan taat membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). 

Tahun ini, Wilmar membayar PBB, salah satu sektor pendapatan asli daerah (PAD) di Kota Industri-sebutanLain-Kabupaten Gresik itu sebesar Rp 23 miliar. Rinciannya, PBB sebesar Rp 5 miliar dan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebesar Rp 18 miliar.

Prestasi itu, Wilmar mendapatkan penghargaan sebagai Perusahaan Teladan Bulan Panutan PBB 2023 dari Pemerintah Kabupaten Gresik.  Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani kepada General Affair PT Wilmar Nabati Indonesia Andi Mahmud beberapa waktu lalu.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan rasa terimakasihnya kepada perusahaan atas sinergitas dan tanggung jawab dalam pembayaran kewajiban.

“Tulang punggung utama pembangunan berasal dari pajak dan retribusi. Saya memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah patuh menyelesaikan kewajibannya sebelum jatuh tempo. Semoga kedepan kita bisa terus bersinergi memajukan Kabupaten Gresik bersama-sama,” kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani.

Sesuai data, sepanjang 2022 PT Wilmar Nabati Indonesia menunjukkan kontribusinya dalam pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Gresik melalui setoran pajak dan retribusi sebesar Rp 23,3 miliar. Setoran tersebut terdiri dari pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan sebesar Rp 5 miliar, retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebesar Rp 18 miliar dan retribusi lain sebesar Rp 300 juta.  

Sementara itu, General Affair PT Wilmar Nabati Indonesia Andi Machmud menyampaikan jika penghargaan yang diterima ini menjadi wujud nyata manfaat kehadiran Wilmar di Kabupaten Gresik. “Kami bersyukur sejak pertama kali kegiatan ini digelar, Wilmar selalu mendapatkan penghargaan dari Pemkab Gresik. Penghargaan ini tidak hanya sebagai motivasi melainkan sudah menjadi komitmen perusahaan dalam menjalankan operasional perusahaan,” kata Andi kepada wartawan pada Senin, 18 Desember 2023.

Andi-sapaan akrabnya- menuturkan kontribusi PT Wilmar Nabati Indonesia ke Kabupaten Gresik melalui pembayaran pajak dan retribusi setiap tahunnya meningkat khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Andi Mencatat, pada awal kehadirannya di Gresik, PBB yang dibayarkan Wilmar hanya berkisar Rp 1,1 miliar per tahun hingga saat ini mencapai lebih dari Rp 5 miliar per tahun. Tentu saja hal ini menunjukkan jika Wilmar Gresik mengalami perkembangan yang sangat pesat.

“Kami tidak hanya ikut membangun Kabupaten Gresik melalui setoran pajak dan retribusi saja melainkan juga berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan penyediaan lapangan pekerjaan bagi warga Gresik. Kami menyadari lancarnya proses operasional perusahaan berkat dukungan dari masyarakat maupun pemerintah,” tegas Andi Machmud. (yad)