Perayaan Natal di Kota Santri Kondusif, Aparat Patroli Naik Motor Trail 

GRESIK,1minute.id – Perayaan Natal 2023 di Kabupaten Gresik berlangsung kondusif. Ribuan umat Kristiani menjalankan ibadat natal dengan khusyuk. Pada Minggu malam, 24 Desember 2023, Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar melakukan patroli keliling gereja untuk memastikan ibadah natal berjalan lancar. 

Mereka naik motor trail bersama anggotanya, yakni TNI, Polri dan Pol PP meninjau langsung ke sejumlah gereja. Diantaranya, Gereja Katolik St Perawan Maria di Jalan Arif Rahman Hakim, Gresik, dan Gereja Kristen Indonesia (GKI). Selain meninjau gereja, juga mampir melihat Pos Pengamanan (Pospam) di depan Pendapa Rumah Dinas Bupati Gresik di Jalan KH Wachid Hasyim, Alun-alun Gresik. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan bahwa pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk memastikan kegiatan ibadah berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. Hal ini penting karena momentum Natal menjadi bagian dari ibadah umat Kristiani khususnya yang berada di Kabupaten Gresik.

“Patroli tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan umat Kristiani dalam merayakan Natal. Dalam patroli tersebut, Kapolres dan Forkopimda Gresik juga memberikan imbauan kepada umat Kristiani agar sama-sama menjaga dengan saling menghormati kepercayaan,” imbuh Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Seluruh pelaksanaan kegiatan Ibadah Natal 2023 di tiap-tiap gereja akan menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Gresik maupun unsur TNI-Polri untuk memberikan pengamanan serta pelayanan yang terbaik, agar kegiatan Ibadah Natal 2023 berjalan aman, damai dan sejuk.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom mengatakan, selama pengecekan tersebut terpantau seluruh kegiatan ibadah Natal berjalan dengan lancar. Tidak lupa Kapolres Gresik bersama Bupati Gresik dan Dandim 0817 Gresik juga mengucapkan terimakasih atas peran personil TNI-Polri, Pemerintah Daerah maupun instansi lainnya dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menjalankan ibadah Natal. 

“Patroli ke gereja ini mendapat sambutan positif dari umat Kristiani. Mereka mengapresiasi langkah Polres Gresik bersama Kodim 0817 Gresik yang telah menjamin keamanan dan kenyamanan mereka dalam merayakan Natal,” tutup AKBP Adhitya Panji Anom. (yad)