Gudang Aspal Curah Multi Trading Pratama Terbakar

GRESIK,1minute.id – Gudang aspal curah, PT Multi Trading Pratama terbakar pada Senin malam, 8 Januari 2024. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran gudang di Desa Pulopancikan, Kecamatan/Kabupaten Gresik itu. Aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab  terjadinya kebakaran tersebut. 

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Suyono, pihaknya menerima laporan kebakaran gudang aspal curah, PT Multi Trading Pratama, Senin, 8 Januari 2024 sekitar pukul 19.28 WIB. Pelapor adalah Dodik, petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KPLP) Gresik. 

“Pelapor meneruskan laporan dari karyawan gudang yang meminta bantuan kepada pemadam kebakaran PT Pelindo,” kata Suyono usai memimpin pemadaman pada Senin malam, 8 Januari 2024. Mendapatkan laporan tersebut, satu regu petugas berjumlah enam orang dengan mengendarai satu unit mobil pemadam dan dua unit mobil tangki suplai air tiba di tempat kejadian kebakaran (TKK) sekitar pukul 19.43 WIB. “Kami juga mendapatkan bantuan suplai tangki air dari Petro Oxo Nusantara,” kata mantan Asisten Pemerintahan Setkab Gresik itu.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah karyawan sekitar pukul 19.00 WIB proses pergantian sif satu ke sif dua. Ada empat karyawan yang bekerja. Yakni, 2 orang sekuriti, dan dua operator boiler. Tiba-tiba mereka melihat api di area smelter di dalam gudang. Keempat karyawan itu, menuju titik api dan melakukan upaya pemadaman menggunakan alat pemadaman ringan (Apar). 

“Saat kebakaran itu, listrik masih nyala,” terangnya. Akan tetapi upaya karyawan tidak bisa menjinakkan amuk si jago merah. “Api semakin membesar, mereka meminta bantuan damkar Pelindo,” jelasnya. Kesigapan petugas gabungan dari Pelindo Gresik dan Damkarmat Gresik berhasil memadamkan api sehingga tidak merebet ke luar gudang tempat tumpukan drum aspal curah. Sekitar pukul 19.43 WIB, petugas bisa menjinakkan amuk si jago merah tersebut. “Kami belum tahu penyebab kebakaran itu,” kata Suyono. (yad