Masa Tenang, Masa Krusial. Ketua Bawaslu Gresik : Pengawas Harus Netral, Pastikan Tidak Kampanye dan Politik Uang

GRESIK,1minute.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gresik menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilu Serentak di halaman Kantor Bupati Gresik pada Minggu, 11 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Gresik Achmad Nadhori mengatakan Apel ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat kesiapan para pengawas dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu di wilayah Kabupaten Gresik. Ia meminta para pengawas dalam menjalankan tugas berpegang pada payung hukum kepemiluan guna mencegah pelanggaran.

Masa tenang, ujarnya, waktu bagi pemilih untuk menentukan pilihannya setelah seluruh peserta pemilu menyampaikan visi dan misi mereka. Bagi penyelenggara pemilu, lanjutnya, masa ini merupakan titik kritis karena harus memastikan tidak ada kampanye, politik uang, dan distribusi logistik yang tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlah.

Ia mewanti-wanti kepada para pengawas pemilu untuk bersama-sama menjaga konduktivitas agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar. “Pengawasan harus dilakukan secara netral dan tidak boleh ada keberpihakan kepada siapapun,” ungkap Achmad Nadhori.

Dengan pengalaman dari pelaksanaan pemilu sebelumnya akan menjadi modal penting untuk menyukseskan pemilu pada 14 Februari 2024. Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Waka Polres Gresik Kompol Danu Anandhita Kuncoro Putro menyatakan, Apel Siaga Pengawas Pemilu Serentak Tahun 2024 di Gresik menunjukkan komitmen, Bawaslu dan seluruh jajarannya dalam mengawal pelaksanaan pemilu yang berintegritas dan berkualitas. 

“Sinergitas semua pihak, diharapkan pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” harap Kompol Danu. (yad)