Pantau Logistik Pemilu di Desa Segoromadu, Gresik, PLH Gubernur Jatim : Semua Kebutuhan Terpenuhi

GRESIK,1minute.id – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memastikan logistik Pemilu 2024 telah distribusi ke semua tempat pemungutan suara (TPS). Hal itu diungkapkan Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani ketika mendampingi Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melakukan peninjauan kesiapan logistik Pemilu 2024 di Desa Segoromadu, Kecamatan Kebomas pada Selasa, 13 Februari 2024.

“Peninjauan ini guna memastikan logistik sudah diterima di semua desa di Kabupaten Gresik, termasuk Pulau Bawean yang logistiknya sudah didistribusikan pada 5 Februari,” ujar Gus Yani. Berbagai upaya dan sinergitas lintas instansi yang dilakukan diharapkan bisa mewujudkan jalannya Pemilu yang lancar, damai dan kondusif.

Selain itu, ia berharap partisipasi masyarakat dalam melakukan hak konstitusi dalam Pemilu 2024 juga tinggi. “Kami berharap keikutsertaan masyarakat di Kabupaten Gresik dalam gelaran pesta demokrasi 14 Februari 2024 besok tetap tinggi. Ini tidak lepas dari histori bagus Kabupaten Gresik, dalam tren kehadiran peserta ketika ajang Pemilu sebelumnya,” katanya.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 961.992 pemilih dan 3.673 TPS yang tersebar di 18 Kecamatan, 320 desa dan 36 Kelurahan. Untuk Desa Segoromadu , DPT sebanyak 1.113 pemilih.

Sementara itu, Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengungkapkan, persiapan dan logistik Pemilu 2024 di kabupaten/kota sudah lengkap. Kelengkapan ini meliputi kertas suara, bilik suara, kotak suara, formulir-formulir, termasuk juga anggaran yang dialokasikan sudah diterima. “Insya Allah kesiapan semuanya sudah bisa dipastikan aman. Dan jangan khawatir seluruh kebutuhannya sudah terpenuhi, termasuk jika ada pemilih tambahan juga bisa di akomodir,” terangnya.

Berkaca dari gelaran Pemilu sebelumnya, berbagai dukungan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah dilakukan oleh KPU. Dukungan tersebut, di antaranya berupa penyederhanaan formulir serta dukungan anggaran.

“Disamping penyederhanaan formulir, kawan-kawan KPPS juga kita berikan anggaran untuk sewa mesin scan dan printer. Kami juga sudah memberikan anggaran untuk vitamin diluar anggaran konsumsi. Dengan itu, harapannya bisa mengurangi beban kerja dan membuat kawan-kawan KPPS bekerja lebih baik,” harap Ketua KPU Jatim Choirul Anam. (yad)