Polres Gresik Geser Personil Pengamanan TPS, Kapolres Gresik Ingatkan 6 Hal Penting

GRESIK1minute.id – H-1 Coblosan. Polres Gresik melakukan pergeseran personil ke Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS).  Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom yang memimpin langsung Apel pergeseran personil Pengaman TPS di Mapolres Gresik pada Selasa, 13 Februari 2024. 

AKBP Adhitya Panji Anom didampingi Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman. Kapolres AKBP Adhitya Panji Anom menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh anggota atas pengabdian mereka dalam menjaga kamtibmas di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. Sinergitas dan koordinasi dengan semua pihak untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan pemilu.

“Apel ini merupakan bagian dari persiapan akhir untuk mengamankan 3.673 TPS di Kabupaten Gresik. Personil yang bertugas telah dibekali dengan pelatihan dan pengetahuan tentang pengamanan TPS ,” kata mantan Kapolres Blitar itu.

Pada kesempatan itu, perwira dua melati di pundak itu mengingatkan beberapa hal penting kepada personil yang bertugas pengamanan TPS. Yakni : Jalin sinergitas dan koordinasi dengan instansi terkait, TNI, tokoh politik, tokoh pemuda, LSM, dan komponen masyarakat lainnya ; Tingkatkan deteksi dini dan segera laporkan setiap kejadian kepada penanggung jawab ; Laksanakan tugas dengan profesional dan netral ; Pahami daerah operasi dan bertindak sesuai protap ; Hindari tindakan arogan dan jaga kesehatan serta Libatkan tokoh masyarakat (tomas) dan tokoh agama (toga) untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom berharap agar seluruh personil yang bertugas dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme. Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024.

Setelah apel, dilanjutkan dengan patroli skala besar sekaligus mengecek kesiapan pengamanan di wilayah cerme, yang diikuti oleh personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP.  “Patroli ini bertujuan untuk menunjukkan kesiapsiagaan aparat keamanan dalam mengamankan jalannya pemilu,” imbuhnya. 

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 961.992 pemilih. (yad)