TMMD  Dipusatkan Di Desa Sembung, Bupati Gresik : Aksi Nyata Sinergi TNI, Pemkab Untuk Kesejahteraan Masyarakat 

GRESIK1minute.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali hadir di tengah masyarakat di Kabupaten Gresik. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, memimpin upacara pembukaan TMMD ke-119 di halaman Kantor Bupati Gresik pada Selasa, 20 Februari 2024. TMMD dipusatkan di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan,  TMMD merupakan bentuk nyata sinergi positif dari TNI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), dan masyarakat. Dimana salah satu tujuannya adalah mempercepat laju pembangunan daerah.

“TMMD merupakan bentuk kebersamaan maupun gotong royong antara TNI, dan masyarakat yang dapat membangkitkan serta mendorong percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan ” ujar Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Hadir dalam upacara pembukaan TMMD ke-119 diantaranya Danrem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Yusman Madayun, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, dan Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar. 

Ada tiga sasaran yang akan dicapai. Sasaran pokok kali pertama  meliputi peningkatan kualitas jalan lingkungan, pembangunan drainase. Kedua, sasaran non fisik yakni penyuluhan, pelayanan KB, pengobatan massal, pemeriksaan katarak, serta skrening mata. 

Dan terakhir, sasaran tambahan yakni pembuatan stan kios, pembuatan tempat pembuangan sampah  terpadu (TPST), pembangunan rumah tidak layak huni dan rehabilitasi tempat ibadah serta penanaman pohon.

“Karenanya, untuk menyukseskan kegiatan TMMD tahun ini, Saya mengajak kepada seluruh perangkat daerah yang terlibat untuk dapat mendukung kegiatan ini semaksimal mungkin. Dengan kolaborasi yang apik saya yakin kita mampu mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” harap Fandi Akhmad Yani. (yad)