KSOP Gresik Berikan Layanan Penerbitan SPB, KM Express Bahari 6F Berlayar ke Pulau Bawean, Besok Pagi

GRESIK,1minute.id – Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik kembali memberikan pelayanan penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) untuk Kapal Motor  Express Bahari (EB) 6 F. Kapal cepat berbobot 153 grosstonase (GT) milik PT Santi Inti Makmur akan berangkat dari Pelabuhan Gresik pada Minggu besok, 25 Februari 2024 pukul 09.00 WIB.

Benarkah? Kepala KSOP Gresik Hotman Siagian membenarkan, pihaknya memberikan pelayanan penerbitan SPB untuk KM EB 6F. Meskipun saat ini proses pelimpahan resmi dari BPTD Jawa Timur. 

“Kami jemput bola untuk SPB kapal cepat KM. Express Bahari, mengingat kapal tersebut, salah satu kebutuhan masyarakat untuk penyeberangan bagi warga Pulau Bawean maupun para wisatawan mancanegara dan domestik yang akan menuju Pulau Bawean,” kata Hotman dikonfirmasi 1minute.id pada Sabtu malam, 24 Februari 2024.

Kepastian KM EB 6F bisa berlayar ini membuat calon penumpang lega. Calon penumpang semringah. Apalagi, saat ini menjelang bulan suci Ramadan biasa aktivitas menggunakan moda transportasi laut dari Gresik ke Pulau Bawean dan sebaliknya meningkat. 

Pekan lalu, KM EB 6F nyaris gagal berangkat karena SPB dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jawa Timur tidak turun. EB 6F yang memiliki kapasitas 249 tempat duduk itu seharusnya berangkat dari Pelabuhan Gresik pukul 09.00 WIB, baru diberangkatkan sore hari. Ratusan penumpang protes. 

Untuk diketahui Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: AL.202/1/11/DJPL/2021 tanggal 31 Mei 2021 melakukan Pengalihan Tugas dan Tanggung jawab Fungsi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Kapal Sungai Danau dan Penyeberangan dari KSOP kepada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jawa Timur. Sejak saat itu, pelayanan penerbitan SPB menjadi kewenangan BPTB Kelas II Jawa Timur. 

Kini, kewenangan pelayanan penerbitan SPB itu akan dikembalikan lagi kepada KSOP Gresik.  Hotman mengatakan, pihaknya mendukung penerbitan untuk kapal cepat KM Express Bahari 6 F, meskipun saat ini proses pelimpahan resmi dari BPTD Jawa Timur. 

“Kami jemput bola untuk SPB kapal cepat KM. Express Bahari, mengingat kapal tersebut, salah satu kebutuhan masyarakat untuk penyeberangan bagi warga Pulau Bawean maupun para wisatawan mancanegara dan domestik yang akan menuju Pulau Bawean,” 

Selain itu, tingkat mobilitas penumpang akan semakin tinggi menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. KSOP Gresik tetap optimis, melayani dengan HATI untuk mendukung keperluan pelayaran kapal dari Gresik ke Bawean dan sebaliknya. “Harapannya ke depan, penumpang bisa nyaman dan aman mudik ke Pulau Bawean,” ujarnya. Gerak cepat KSOP Gresik mendapatkan apresiasi dari operator KM EB 6F. (yad)