Pujasera Manyarsidomukti Resmi Di Buka, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani : Pusat Kuliner, Cocok untuk Ngabuburit

GRESIK,1minute.id – Pujasera Manyarsidomukti resmi dibuka pada Jumat, 8 Maret 2024. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang meresmikan pusat kuliner di Gresik Utara, tepatnya di Lapangan Pemerintah Desa Manyarsidomukti, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik itu.

“Ini sangat bagus. Tempat ini cocok untuk tempat ngabuburit, menunggu waktu buka puasa,” ujar Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani ketika kali pertama menginjakkan kaki di Pujasera Manyarsidomukti pada Jumat, 8 Maret 2024. 

Pujasera Manyarsidomukti ini menempati lahan milik pemerintah desa (pemdes) Manyarsidomukti. Lokasinya di sekitar 100 meter dari Jalan Raya Deandles atau jalan nasional di Pantai Utara (Pantura) Gresik ini. Bangunan pujasera konstruksi baja dan terbuka. Sehingga nyaman untuk semua orang. 

Pengunjung juga bisa menikmati lapangan sepak bola yang rumputnya ijo royo-royo itu. Di bangunan pujasera ada 52 stan dan dilengkapi kafe. Puluhan pedagang yang menempati pujasera ini, adalah warga yang tempat usaha terdampak proyek strategis nasional (PSN), pelebaran jalan raya. Pemkab Gresik memberikan kompensasi ganti rugi bangunan lapak yang tergusur dan menyiapkan tempat relokasi untuk pedagang terdampak proyek nasional itu.

Sedangkan, bangunan pujasera di bangun secara urunan oleh sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Formula Pertama alias Forum Komunikasi Lingkungan Hidup Perusahaan-perusahaan sekitar Kecamatan Manyar. “Dikelola dengan baik untuk masyarakat. Pemkab Gresik hadir dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Sebab, Manyar ini bakal menjadi ibukota Gresik, pusat ekonomi Gresik,” kata mantan Ketua DPRD Gresik itu.

Setelah Ramadan, orang nomor satu di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini mengusulkan kepada pengelola pujasera menggelar sejumlah kegiatan. Diantaranya, komptesi sepak bola untuk anak. “Anak-anaknya bermain bola, orang tua menikmati kuliner disini,” ujarnya.

Pujasera dilengkapi sarana penunjang seperti taman dan fasilitas umum dengan lahan parkir luas, musala, serta arena permainan anak. Menurut Camat Manyar Zainul Arifin, peresmian Pujasera Manyarsidomukti tidak ujug-ujug. Diresmikan menjelang Bulan suci Ramadan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Kalau saya estimasi pemasukkan desa berkisar Rp 300 jutaan per bulan,” katanya. 

PERESMIAN PUJASERA: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memotong tumpeng dalam seremonial Peresmian Pujasera Manyarsidomukti, Kecamatan Manyar pada Jumat, 8 Maret 2024 ( Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Ditempat sama, ketua pelaksana Pembangunan Pujasera Manyarsidomukti Nur Yusuf mengatakan, pembangunan pujasera inu wujud sinergitas perusahaan dengan Pemkab Gresik. “Pembangunan melalui CSR perusahaan,” kata Nur Yusuf, perwakilan dari Formula Pertama itu. Ia berharap setelah hibah bangunan diserahkan kepada pemerintah desa setempat bisa bermanfaat untuk UMKM setempat. “Bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” harapnya. 

Sementara itu, seremonial peresmian Pujasera Manyarsidomukti dilakukan secara sederhana namun tetap khidmat itu, selain dihadiri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman serta anggota Formula Pertama. Sejumlah desa di kecamatan Manyar membuka lapak jajanan khas Gresik. Bupati Gresik dan Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani Aminatun Habibah memborong kuliner khas Gresik itu. (yad)