Hari Pertama, 548 Calon Penumpang Mudik Bareng Gus Yani-Bu Min, Kuota 1.500 Pemudik

GRESIK,1minute.id – Sebanyak 548 orang  pendaftar di hari pertama mudik bareng Gus Yani dab Bu Min pada Selasa, 19 Maret 2024. Jurusan favorit seperti Gresik-Madiun-Ponorogo-Tulungagung banyak diminati sejak awal dibuka pendaftaran di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik. 

Pemkab Gresik mengalokasikan 1.500 kursi untuk mudik gratis tahun ini. Pendaftaran ditutup pada 22 Maret 2024 atau alokasi terpenuhi pendaftar akan di tutup. Sejak pagi masyarakat mulai berdatangan ke tempat pendaftaran di kantin Dishub Gresik di kawasan terminal Bunder. Loket pendaftaran di buka pukul 08.00 WIB. Ada tiga orang petugas yang melayani pendaftaran mudik gratis bekerjasama dengan Bank Jatim itu.

Calon pemudik cukup membawa fotokopi kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk serta mencatatkan nomor telepon. Calon pemudik mendapatkan selembar tiket di dalam tercatat t nama, alamat, tujuan, nomor bus serta tanggal keberangkatan yang dilakukan serentak pada Sabtu 6 April 2024 mendatang.  

“Saya bersama anak dan suami berencana mudik ke Madiun. Karena ada kegiatan mudik gratis ini Alhamdulillah bisa meringankan beban pulang kampung nanti,” kata Wiwik Suprihatin, salah satu calon peserta mudik gratis asal Kecamatan Cerme, Gresik.

Hal senada disampaikan Didik Hartono. Warga perumahan Gresik Kota Baru yang berencana akan mudik ke Banyuwangi. Dia sengaja ikut mudik gratis karena di tempat kerjanya sudah mulai libur pada 5 April 2024. “Mumpung sudah ada keputusan libur mulai 5 April dari kantor, jadi saya bisa mengikuti mudik gratis dari Pemkab Gresik 6 April nanti,” kata pegawai salah satu perusahaan di Manyar ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Gresik Khusaini didampingi Kabid Angkutan Jalan Suhartono mengaku lega kegiatan mudik gratis mendapat sambutan baik dari warga Gresik. Bahkan, pendaftar banyak beserta keluarga. “Itu kenapa kami minta Kartu Keluarga, agar pendaftar bisa dipastikan anggota keluarganya untuk pendataan kami,” kata Suhartono.

Hingga pukul 12.00 WIB, tercatat 548 pendaftar mudik  areng Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani dan Bu Min-sapaan karib-Wakil Bupati Aminatun Habibah. Rinciannya, rute Gresik-Pasuruan-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi ada 57 penumpang ; Gresik-Probolinggo-Lumajang-Jember (64 penumpang) ; Gresik-Malang-Blitar (12 penumpang) ;  Gresik-Jombang-Kediri- Tulungagung-Trenggalek (60 penumpang). (yad)