Tiga Srikandi Freeport Indonesia Berbagi Tips Sukses Menjadi Kartini Masa Kini

GRESIK,1minute.id – Ada nuansa beda di kantor PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial and Port Estate (KEK JIIPE), Manyar, Kabupaten Gresik pada Senin, 22 April 2024. Tiga orang perempuan pimpinan di perusahaan dan 50 orang karyawati perusahaan smelter sedang mengenakan baju adat. Baju Kebaya, dan batik diantaranya.

Tiga srikandi di PTFI yakni Vice President Corporate Communications PTFI Katri Krisnati; Manager Environment and Sustainable Development Smelter PTFI Emily Muteb; dan Manager Construction Project Smelter PTFI Yoga Amaliasari itu berbagi tips dan cerita sukses menjadi Kartini masa kini dalam diskusi memperingati Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April itu.

Diskusi yang diikuti 50 karyawati Smelter PTFI itu terasa gayeng. Peserta pun sangat antusias. Para pembicara dan seluruh peserta mengenakan kebaya dan kain batik, tampil berbeda dibanding hari kerja biasanya.

“Ketika kita sudah memilih berkarir di jalur profesional, maka kita harus punya komitmen yang kuat dan terus belajar supaya kualitas kita terus meningkat. Karir dan prestasi akan mengikuti,” kata Katri yang tampak luwes berkebaya brokat hijau dipadu kain batik cokelat. 

Senada, Yoga Amaliasari berbagi tips tentang mengubah mindset “masalah atau kesulitan”  menjadi “tantangan” sehingga seorang perempuan tidak terjebak dalam pemikiran yang salah kaprah dan berujung pada menyalahkan diri sendiri dan overthinking. 

“Jadi kalau kita mengalami masalah dan menganggap itu sebagai kesulitan maka kita seperti mendoktrin diri sendiri bahwa kita menghadapi hal yang sulit. Berbeda jika kita menganggap hal itu merupakan tantangan, ada rasa dari diri kita untuk menyelesaikan hal tersebut dengan baik,” kata Yoga yang tampil anggun dalam balutan kebaya bordir abu-abu dan kain kebaya lawasan warna hijau. 

Berbeda dengan kesehariannya mengenakan baju kerja dan perlengkapan seperti safety helmet, rompi, dan sepatu khusus. Mengenai peran di keluarga, Emily Muteb turut berbagi cerita. Ibu dua anak ini mengatakan sangat beruntung berada di tengah-tengah tim kerja yang saling memahami dan menguatkan dalam pekerjaan maupun keluarga. 

“Berikan dukungan dan kebersamaan pada keluarga apabila kita menjalankan peran sebagai ibu dan istri,” kata Emily Muteb yang tampil beda dengan kemeja batik biru.

Vice President PTFI Smelting & Refining Aripin Buman mengatakan kegiatan ini untuk  memotivasi karyawati PTFI Smelting & Refining, menyemangati perempuan untuk berani menggenggam mimpi dan mewujudkannya. Menjadi perempuan pekerja yang tangguh dan berdaya.

“Semoga kegiatan ini menginspirasi para karyawati untuk terus berkarya dan mendukung kelancaran operasional dan konstruksi smelter di Gresik,” kata Aripin. (yad)