Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi 3 Program TJSL Petrokimia Gresik Di Ajang CSR & PDB Award 2024

GRESIK,1minute.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan apresiasi tiga Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia

Tiga program yang mendapatkan penghargaan  di ajang “CSR & PDB (Pengembangan Desa Berkelanjutan) Award 2024” yakni Program Rangkul Jiwa meraih Gold Rank. Dan, program Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Mengare; serta Tawangargo Smart Eco Farming Village (TAMENG) masing-masing Silver Rank.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Indonesia K.H. Ma’ruf Amin kepada Vice President TJSL Petrokimia Gresik Kadek Ardhika W.K. mewakili Direktur Utama Dwi Satriyo Annurogo di Jakarta pada Selasa, 7 Mei 2024. Turut mendampingi Wapres Ma’ruf Amin adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Halim Iskandar.

Terpisah, Dwi Satriyo menyampaikan bahwa, penghargaan ini menjadi bukti jika program TJSL yang dijalankan Petrokimia Gresik memberikan dampak baik berkelanjutan. Program-program tersebut dikemas sebagai solusi inspiratif tidak hanya untuk perbaikan lingkungan, tetapi juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

“TJSL merupakan implementasi dari komitmen perusahaan untuk maju bersama masyarakat, sehingga tercipta hubungan harmonis. Program-program TJSL kami rumuskan dengan melihat kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat sehingga keberadaannya benar-benar dirasakan manfaatnya secara berkelanjutan,” tandas Dwi Satriyo.

Program Rangkul Jiwa, misalnya. Program yang digagas Petrokimia Gresik merupakan program recovery dan resosialisasi untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Melalui program ini, perusahaan berusaha meningkatkan kepedulian masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan ODGJ bersama keluarganya dengan memberikan pelatihan wirausaha, serta memfasilitasi produk-produk yang dibuat ODGJ melalui sebuah pameran.

“Program ini mampu menurunkan stigma negatif masyarakat terhadap penderita gangguan jiwa. Saat ini sebanyak delapan penderita ODGJ memiliki ketrampilan dalam pembuatan telur asin,” ungkap Dwi Satriyo.

Sementara Program PRPM Mengare menjadi solusi perbaikan lingkungan di kawasan Mengare, dimana dalam kurun waktu tahun 2006 sampai 2013 terjadi abrasi tambak seluas 13 hektar. Di sisi lain, belum adanya kesadaran serta kapasitas masyarakat dalam pemeliharaan kawasan pantai.

“Melalui program ini, Petrokimia Gresik berhasil melakukan perbaikan ekosistem, meningkatkan produktivitas perikanan dan menciptakan tempat eduwisata yang mendorong kemandirian masyarakat,” ujar Dwi Satriyo.

Terakhir, TAMENG adalah program Community Development (Comdev) Petrokimia Gresik untuk meningkatkan produktivitas pertanian di kawasan sentra produksi hortikultura Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur melalui pendekatan Climate Smart Agriculture. Program ini adalah solusi peningkatan produktivitas pertanian sembari mengatasi perubahan iklim.

“Penghargaan ini tentu memotivasi kami untuk menjalankan program TJSL yang semakin inovatif, serta membawa dampak baik berkelanjutan bagi masyarakat, sehingga hubungan harmonis semakin kuat, dan memberikan kelancaran bagi Petrokimia Gresik dalam menjalankan amanah untuk menjaga ketahanan pangan nasional,” pungkas Dwi Satriyo.

Ajang CSR & PDB Award 2024 ini diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerja sama dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF). Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan penyebarluasan program pembinaan kepada perusahaan BUMN/Swasta lainnya. (yad)