Kamabicab Mengajak Anggota Kepanduan jadi Promotor Prokes

GRESIK,1minute.id – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Gresik periode 2021-2023.Pelantikan dilakukan di Ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Selain melantik Kamabicab, Ketua Kwartir Dearah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Muhammad Arum Sabil melantik Pengurus, Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Gresik. 

Kamabicab Gerakan Pramuka Gresik Fandi Akhmad Yani mengajak anggota kepanduan menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.  Fandi Akhmad Yani mengatakan hingga hari ini tingkat resiko penyebaran kasus Covid-19 di Gresik cenderung menurun. Hal ini menurut Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani patut di syukuri. Namun, Gus Yani mengingatkan kepada masyarakat harus tetap waspada. Jangan lengah dan euforia. 

“Hampir dua tahun kita terkepung oleh situasi pandemi Covid-19. Dan saat ini tingkat resiko penyebaran Covid-19 di Gresik sudah cenderung melandai. Kami harap kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan tidak lengah, tetap patuhi protokol kesehatan,” ujar Fandi Akhmad Yani yang juga Komandan Satgas Covid-19 Gresik itu.

Ia mengajak seluruh komponen anggota kepanduan  di Gresik untuk menjadi promotor dalam mengkampanyekan pentingnya penerapan protokol kesehatan. “Kita tunjukkan bahwasannya kader Pramuka sebagai promotor dalam mengkampanyekan protokol kesehatan. Saya mengajak seluruh kader pramuka untuk menunjukkan dedikasi untuk Kabupaten Gresik dalam penanganan Covid-19,”tegas Gus Yani. 

Gus Yani juga mengapresiasi terhadap seluruh kader Pramuka yang  berperan aktif dalam percepatan vaksinasi di di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. “Kemarin sudah dilaksanakan vaksinasi oleh Gerakan Pramuka Kwarcab Gresik dengan 3.200 dosis vaksin, ini merupakan suatu bentuk kolaborasi yang baik antara gerakan Pramuka dengan pemerintah dalam kaitannya percepatan vaksinasi di Gresik,” katanya.

Untuk itu, kedepan Gus Yani mengharapkan  seluruh komponen Pramuka untuk terus kompak dan meningkatkan kebersamaan antarsesama. Bersinergi, kolaborasi. Sebab, kata Gus Yani, kekompakan adalah kunci utama dalam membangun organisasi di tubuh Pramuka.

Sementara itu, Ketua Kwartir Dearah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, Muhammad Arum Sabil, mengatatakan bahwa melalui kegiatan pramuka produktif, kwarda Jawa Timur akan mengajak seluruh cabang se-Jawa Timur untuk ambil bagian dalam mengembangkan kegiatan pramuka.

“Mari kita semua bergandengan tangan, bersinergi dengan program pemerintah terutama untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Pendidikan karakter tentu harus dikembangkan oleh gerakan pramuka, namun kita juga harus tetap peduli terhadap keadaan masyarakat dan lingkungan dengan berbagai program nyata yang menyentuh dan berdampak langsung bagi maysarakat,” katanya.

Dirinya yakin bahwa di Kabupaten Gresik seluruh anggota Mabicab dan seluruh anggota pramuka akan berkomitmen untuk menjalankan tugas dan mengemban tanggung jawab untuk membesarkan nama pramuka di Kabupaten Gresik. (yad)