Kenang Jasa Pahlawan,  TNI dan Pelajar SMK Bersih-bersih TMP

GRESIK, 1minute.id – Menyambut Hari Pahlawan , 10 November 2020, siswa SMK Sunan Giri bersama Koramil Menganti kerja bakti membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP). TNI dan pelajar berbaur membersihkan makam dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Meski kerap dibersihkan, rumput masih tumbuh di area TMP di Jalan Raya Sidomulyo, Menganti. Mereka bergegas membersihkan makam para pejuang itu. Ada yang menggunakan mesin pemotong rumput bahkan tangan kosong.

Sebelum bakti sosial pelajar yang diwakili oleh Organisasi siswa intra sekolah (OSIS) diberi bimbingan oleh petugas. Untuk menanamkan semangat bela tanah air, mengenang jasa para pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

Mereka langsung berpencar menuju makam ditumbuhi rumput liar. Setelah semua area TMP bersih, secara bergantian melakukan prosesi tabur bunga.

Danramil 0817 / 04 Menganti Mayor Har Inf Nawardi, bakti sosial ini sebagai media untuk mengenalkan kepada generasi penerus akan para pahlawan yang telah gugur. Sekalian mengenalkan jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan. 
“Ini salah satu bentuk praktik di lapangan ini, menghargai jasa para pahlawan,”ujarnya.

Kepala Sekolah SMK Sunan Giri Syafi’i menambahkan, para wali murid selama pandemi Covid-19 ini mengeluhkan kegiatan belajar mengajar. Pihak sekolah pun memberikan kegiatan positif memperingati Hari Pahlawan. “Semoga bisa menginspirasi murid yang lain dan menjadi contoh mengenang jasa pahlawan,”katanya. (yad)