Ada Jalan Rusak, Foto lalu Share, Bupati Gresik Minta DPUTR Responsif


GRESIK,1minute.id – Program aplikasi layanan pengaduan pengguna jalan (Apalan) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik di launching oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Selasa, 23 Maret 2021.

Bupati Fandi Akhmad Yani mengapresiasi tekad DPUTR untuk mendekatkan dengan masyarakat melalui program perbaikan jalan secara cepat itu. “Ada laporan jalan rusak harua responsif. Saya tidak mau hanya sekadar launching,”kata Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani usai launching di Jalan Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas pada Selasa, 23 Maret 2021.

Launching Apalan ini dihadiri Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail. Gus Yani meminta petugas unit reaksi cepat (URC) Perbaikan Jalan ini tersebar di sejumlah zona. Utara, Selatan dan Tengah atau perkotaan.

“Sehingga ketika ada aduan masyarakat semakin cepat ditanggapi. Kami tidak menginginkan ada warga yang menjadi korban kecelakaan karena jalan rusak,”tegas Bupati Gresik termuda itu.

Alumnus Fakultas Ekonomi Unair Surabaya ini menjanjikan akan menggelontor anggaran tambahan bila tim URC DPUTR sregep dan tanggap terhadap pengaduan masyarakat. “Pokok e nek jalane halus nanti anggaran ditambah,”kata Gus Yani.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengapresiasi program Apalan ini. Sebab, kondisi jalan yang baik bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Dan, Satlantas melalui Dikyasa akan terus berkoodinasi sehingga setiap perbaikan jalan bisa ikut mengatur lalu lintasnya,”kata alumnus Akpol 2001 ini didampingi Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik Gunawan Setiaji mengatakan, saat ini sudah ada enam unit yang siap melakukan perbaikan jalan secara cepat di Gresik. 

Setiap unit beranggotakan tujuh orang beserta peralatannya. Anggaran URC perbaikan jalan secara darurat sekitar Rp 25 miliar. Meski dianggap kurang karena mereka harus mengcover 517 kilometer jalan kabupaten Gresik. “Kita akan optimalkan kerja mereka,”katanya.

Lalu bagaimana cara masyarakat melapor terkait jalan rusak, berdasarkan panduan URC DPUTR Gresik cukup sederhana. Jalan rusak di foto menyertakan lokasinya kemudian uplaod ke aplikasi Apalan atau WhatsApp di nomor 0812 3334 4500. (*)