Kapal Cepat EB 6F Mengarungi ke Pulau Putri


GRESIK,1minute.id – Kapal motor Express Bahari  6F resmi melayani penyeberangan Gresik-Pulau Bawean. Kapal berbahan fiber berkapasitas 250 kursi itu menggantikan kapal motor (KM) Natuna Ekspress.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dinas Perhubungan Gresik Muhammad Amri mengatakan, kapal motor Express Bahari (KM EB) 6F mengarungi perairan Gresik sejak Senin lalu, 17 Mei 2021. “Izinnya sudah dikeluarkan oleh dinas perizinan (DPM-PTSP Gresik),”kata Amri pada Selasa, 18 Mei 2021. 

Kapal cepat  berbobot 153 grosstonase (GT) ini memilki kapasitas 249 tempat duduk. Berbahan viberglass. Dalam sepekan, tiga kali melayani penyeberangan yakni dari Gresik pada Senin, Rabu dan Sabtu. Sedangkan, dari Pulau Bawean  pada Selasa, Kamis dan Minggu.

“Pelayaran perdana pada Senin waktu tempuh 4 jam,”terang Amri. Beroperasi EB 6F, penyeberangan Gresik-Pulau Bawean dilayani tiga kapal. Yakni, EB 8F kapasitas 390 penumpang, KMP Gili Iyang dengan 219 seat dan EB 6F. Dengan tiga kapal ini, moda transportasi laut ke Pulau Bawean bisa setiap hari. (yad)