Bupati Berikan Beasiswa hingga Sarjana untuk Fatkhur, Siswa kelas V yang Bapak dan Ibunya Meninggal Terpapar Covid-19


GRESIK,1minute.id – Achmad Fakhrur Rozi terlihat tegar duduk satu meja dengan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Asisten administrasi I Pemkab Gresik Tursilowanto Herijogi di Ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik pada Jumat,  16 Juli 2021.

Bocah yatim piatu berumur 10 tahun itu diundang  oleh Gus Yani-sapaan-Bupati Fandi Akhmad Yani. Memakai baju koko warna coklat dan kopiah warna putih siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Desa Gredek,  Kecamatan Duduksampeyan bercita-cita menjadi polisi itu terlihat menggemaskan. 

Fatkhur adalah bocah yatim piatu asal Desa Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik. Kedua orang tuanya, Fakhrudin, 39 dan Mazrotul Afiro, 31, dan adiknya dalam kandungan ibunya berumur 7 bulan meninggal karena terpapar Covid-19. Kedua orang tuanya meninggal pada Rabu dan Kamis, 14-15 Juli 2021.  Sama kegembiraan Fatkhur bersama keluarga terasa begitu singkat. 

Kabar duka yang dialami Fakhur itu, membuat Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani turun tangan untuk menyelamatkan masa depan Fatkhur. Bupati Gus Yani memberikan beasiswa pendidikan untuk Fatkhur hingga lulus sarjana strata 1. Fatkhur pun diundang ke kantor Bupati. Fatkhur didampingi Kepala Desa Gredek Muhammad Bahrur Ghofar.

“Kami berikan beasiswa pendidikan sampai S1. Walaupun tidak sebanding karena orang tuanya meninggal,”tegas Gus Yani dengan nada lirih.

Selain beasiswa, Gus Yani juga akan menjamin biaya kesehatannya. Kepala desa maupun keluarga yang nantinya menemani jika Rozi mengalami sakit dan langsung dibawa ke fasilitas kesehatan. 

“Urusan pendidikan minta restu oleh kakek dan saudara kita pastikan pendidikan fakhrur rozi, SMP, SMA sampai S1 kita fasilitasi. Jadi terserah adik mau sekolah dimana. Yang pasti kebutuhan kita handle terkait pendidikan dan kesehatan,” tegas mantan Ketua DPRD Gresik itu.

BEASISWA : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memberikan beasiswa kepada Fatkhur, bocah yatim piatu karena orang tua meninggal terpapar Covid-19 (Foto : chusnul cahyadi/1minute.id)

Gus Yani menegaskan, beasiswa tidak hanya untuk Fatkhur. Semua siswa di Kabupaten Gresik yang yatim piatu karena orang tua terpapar Covid-19 akan mendapatkan beasiswa pendidikan. Bupati Gus Yani sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik.

Kepala Desa Gredek Muhammad Bahrul Ghofar mengucapkan banyak terimakasih atas kebijakan Pemkab karena membantu meringankan. “Terimakasih atas kejadian di Desa Gredek, ibu hamil harus dapat posisi mendapat prioritas. Saya apresiasi sekali kebijakan diambil Bupati,”kata Ghofar.

Seperti diberitakan, Fakhrudin dalam sehari kehilangan dua orang yang paling dicintainya. Pada Selasa, 13 Juli 2021, jabang bayi dalam kandungan istri Fahrudin, Mazrotul Afiro meninggal dunia di RSUD Ibnu Sina Gresik. Pada Rabu, 14 Juli 2021 pukul 00.20 Mazratol Afiro menyusul bayinya yang masih belum dikeluarkan dari rahimnya.  

Almarhumah Nazratol Afiro dan bayi dalam kandungan dimakamkan pada Rabu, 14 Juli 2021. Informasi yang dihimpun kesehatan Mazratol Afiro drop pada Senin, 12 Juli 2021. Pihak desa berupaya membawa perempuan sedang hamil 7 bulan yang dinyatakan konfirmasi Covid-19 sejumlah rumah sakit. Semua rumah yang di datangi menyatakan ICU penuh.  

Mazratol Afiro kemudian dibawa pulang lagi. Pihak desa membelikan tiga tabung oksigen untuk melakukan pertolongan pertama. Namun, kondisi kesehatan Masrotol Afira semakin kritis. Pada Selasa, 13 Juli 2021, Gofar-panggilan-Muhammad  Bahrul Ghofar, Kades Gredek mendapatkan kabar dari puskesmas di RSUD Ibnu Sina ada kamar.  

Masrotol Afiro dibawa ke rumah sakit  berlokasi di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas itu menggunakan ambulans milik desa. Saat itu dikabarkan saturasi oksigen dalam darah ibu hamil itu diangka 40. Normal di angka 90-100. Pada Selasa itu, bayi dalam kandungan Nasrotol Afira dinyatakan telah meninggal. 

Kondisi ibu hamil semakin kritis. Pihak rumah sakit tidak berani mengeluarkan jabang bayi dari rahim ibunya. Pada Rabu, 14 Juli 2021 pukul 00.20, Nasrotol Afira menyusul bayi dalam kandungannya. Almarhumah dan bayi yang dikandungnya dimakamkan di pemakaman desa setempat. 

Fakhrudin, suami almarhumah karena menjalani isolasi mandiri sempat melakukan video call dengan Bupati Fandi Akhmad Yani. Saat itu, Gus Yani memberikan semangat dan mendoakan Fatkhur cepat sehat. Namun, tuhan berkehendak lain, Fatkhur menyusul istri pada Kamis dini hari. (yad)