Sebelum Menjalankan Tugas Kemanusiaan, Relawan Pemulasaran Jenazah Jalani Rapid Antigen dan Vaksinasi

GRESIK,1minute.id – Puluhan relawan pemulasaran jenazah siap menjalankan tugas kemanusiaan. Sebelum, beraktivitas para relawan ini menjalani pemeriksaan kesehatan. Rapid test antigen dan vaksinasi untuk kekebalan imun dalam tubuh. 

Swab dan vaksin untuk para pejuang membantu melakukan pemulasaran jenazah yang terpapar corona virus disease 2019 (Covid-19) di Kota Santri ini. Koordinator relawan pemulasaran jenazah Covid-19 Gresik Thoriqi Fajerin mengatakan, setelah menjalani tes kesehatan, relawan akan menyebar di sembilan rumah sakit rujukan untuk pemulasaran.

Sembilan rumah sakit yaitu, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sekapuk ; RS Fathma Medika, RS Petrokimia Gresik (RSPG) ; RS Semen Gresik (RSSG) ; RS Randegan Sari, RS Surya Medika, RS Wates Husada, RS Petrokimia Driyorejo dan RSUD Ibnu Sina Gresik. 

“Setiap rumah sakit minimal 9 relawan,”terang Kaji Riki-sapaan-Thoriqi Fajerin pada Senin, 19 Juli 2021. Mereka terbagi tiga sif. Pagi, sore dan malam. Setiap sif bekerja 8 jam. Satu relawan cadangan. 

Karena mereka terdepan dalam proses pemulasaran jenazah yang terpapar covid-19. Kesehatan mereka harus mendapatkan perhatian. Apalagi, setelah beraktivitas kemanusian para relawan ini harus berkumpul dengan keluarga. ” Untuk memastikan kesehatan setiap tiga hari relawan menjalani test antigen,”tegas Kaji Riki.

Sepertinya, antusiasme arek-arek Gresik menjadi relawan pemulasaran jenazah terpapar Covid-19 patut mendapatkan apresiasi. Dalam kurun waktu dua hari relawan pemulasaran jenazah yang mendaftar tercatat 91 orang yakni 84 laki-laki dan 7 perempuan. 

Puluhan relawan itu akan ditempatkan di sembilan rumah sakit rujukan pemulasaran jenazah. Mereka berasal komunitas suporter Ultras Gresik ;  GP Ansor ; Pemuda Muhammadiyah ; Fatayat ; Nasyiatul Aisyiyah, dan unsur masyarakat lainnya. Pada Sabtu, 17 Juli 2021 puluhan relawan  menjalani training pemulasaran di gedung Putri Mijil Komplek Pendapa Bupati Gresik di Jalan KH Wachid Hasyim, Gresik.

Pelatihan dibuka Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Pelatihan pemulasaran dipimpin Gus Asyifur dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik. (yad)