Olah Limbah Sampah Menjadi Seribu Ikon Produk Unggulan Desa Banjarsari

GRESIK, 1minute.id – Badan usaha milik desa (BUMDes) Banjarsari, Kecamatan Cerme, Gresik melaunching produk unggul desa di Balai Desa setempat pada Selasa, 7 Desember 2021. Produk unggul Desa Berdaya itu semuanya berbahan limbah sampah diolah menjadi barang bernilai ekonomi tinggi. Yakni, tas, sandal, sepatu, hingga lukisan yang indah menawan. 

Mengusung jargon Ikon Desa BBS (Banjarsari Berkah Sampah) “Sampahku, sampahmu jadi seribu icon produk Desaku”. Launching dimeriahkan fashion show menampilkan berbagai produk unggulan desa yang terbuat dari limbah sampah tersebut. 

Camat Cerme Suyono memberikan apresiasi kepada pemerintah desa (Pemdes) Banjarsari atas inovasi dan kreativitas para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berhasil mengubah limbah sampah menjadi produk unggulan desa yang berharga. Hadirnya produk unggulan UMKM Desa Banjarsari telah membawa harum Kecamatan Cerme. 

TAS : Fashion show dengan menampilkan tas bahan limbah menjadi produk unggulan desa Banjarsari, Kecamatan Cerme pada 7 Desember 2021 (Foto : ist)

“Kami berharap agar terus ditingkatkan dan perlu diperluas segmen pasarnya serta diperbanyak item produk barunya. Teruslah berjuang, berkreasi dan berkarya untuk Desa Banjarsari,” pesan Camat Suyono penuh semangat. Pandemi  mengajarkan kepada warga Desa Banjarsari untuk  kreatif dan inovatif.

Sebelumnya, Kades Banjarsari Cerme Agus Suwondo mengharapkan launching ini bisa menjadi tonggak awal bangkitnya desa berdaya dan bisa membawa berkah untuk kita semua. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas capaian desanya melalui kegiatan Launching Produk Unggulan Desa Berdaya 2021,”katanya.

Launching Desa Berdaya 2021 digelar dengan protokol kesehatan ini dihadiri Ketua TP PKK Kecamatan dan Pengurus, Perwakilan dari PMD Gresik, pelaku UMKM, Ketua DPP ASMIPA Umi Kulsum, Perwakilan GOLs dan undangan lainnya, serta masyarakat setempat.  (yad)