BNNK Gresik Gerebek Pesta SS, Simpan Barang Bukti Di Dompet Perhiasan Emak-emak

GRESIK,1minute.id– Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gresik menggerakkan salah satu gudang di Jalan dr. Soetomo, Gresik. Dalam penggerebekan itu, petugas mengamankan empat pemuda yang sedang pesta sabu-sabu (SS).

Empat pemuda yang sedang pesta SS berinisial AM alias Bolet ; AB alias Brewok ; IW alias Bejo dan MH alias Piyok. Keempat tersangka semuanya masih lajang.  
Kepala BNNK Gresik AKBP Supriyanto mengatakan, penggerebekan salah satu gudang di Jalan dr. Soetomo, Kelurahan Ngipik, Kecamatan Gresik dilakukan sekitar pukul 14.00 pada Rabu, 9 Februari 2022.

“Penggerebekan dilakukan berawal dari laporan masyarakat,”kata AKBP Supriyanto di kantor BNNK Gresik pada Senin, 14 Februari 2022.  Sebanyak empat pemuda semuanya tinggal di Gresik yang sedang pesta kristal bening itu. Dalam penggerebekan itu diamankan 6 poket SS, 4 buah peralatan nyabu dan 4 smartphone. Keempat tersangka itu kemudian digelandang ke kantor BNNK Gresik di Jalan Basuki Rahmat, Gresik. Ketika dilakukan pemeriksaan, salah satu tersangka “menyanyi” kepada penyidik BNNK. Barang haram itu didapatkan dari salah satu tersangka yang tinggal Kelurahan Bedilan, Gresik.  “Kami kembangkan dengan melakukan penggeledahan rumah tersangka itu,”imbuh perwira dua melati di pundak itu. 

Beberapa orang anggota BNNK Gresik kemudian melakukan penggeledahan di rumah tersangka itu ditemukan lagi 6 poket SS serta timbangan elektronik. “Enam poket SS itu disimpan di dompet perempuan. Untuk mengelabui kami,”tegasnya.  Dari dua tempat itu, tim penindakan BNNK Gresik mengamankan 12 poket dengan berat kotor 6,77 gram. “Barang bukti SS 6,77 gram itu sisa. Awalnya, mereka memiliki SS 25 gram,”ujarnya. 

INTEROGASI : Kepala BNNK Gresik AKBP Supriyanto ketika menginterogasi para tersangka di kantor BNNK Gresik pada Senin, 14 Februari 2022 (Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Artinya, mereka telah memakai atau menjual SS seberat 18 23 gram. Puluhan gram SS itu, terang AKBP Supriyanto berasal dari bandar gede asal Surabaya. “Tapi, keempat tersangka mengaku tidak mengenalnya,”terangnya. 

Masih menurut AKBP Supriyanto, tersangka AM alias Bolet sejak setahun terakhir menjadi pengedar sabu-sabu. Ia lalu menggunakan 3 temannya sebagai kaki tangannya untuk mengedarkan barang haram itu. Sasarannya adalah pekerja industri. “(Peredaran,Red) tidak menyasar pelajar. Untuk mengedarkan SS itu ketiga tersangka hanya diberi upah memakai SS secara gratis,”tegasnya. 

Penyidik BNNK Gresik menjerat keempat tersangka itu dengan pasal berlapis yakni Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1), Pasal 112 ayat (2) JO Pasal 132 ayat (1) UU 35/2009 tentang Narkotika. “Ancaman hukuman paling singkat 5 tahun, maksimal 20 tahun penjara atau seumur hidup,”tegas Supriyanto.

Tersangka Brewok mengaku baru setahun menjalan bisnis haramnya. “Barang 25 gram itu, kami pesan awal tahun,”katanya. (yad)