Muskab Perdana Apindo, 4 Kandidat Bersaing Memperebutkan 94 Suara, Sistem Nyoblos Drive Thru


GRESIK, 1minute.id – Musyawarah Kabupaten Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Gresik dihelat di Wisma Kebomas PT Petrokimia Gresik. Muskab kali pertama ini dibuka oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah pada Rabu, 16 Februari 2022.

Muskab dihadiri Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, Ketua DPP Apindo Eddy Wijanarko, penggurus Apindo Jawa Timur serta anggota Apindo Gresik. Empat kandidat akan bersaing merebut 94 suara anggota asosisasi para pengusaha di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini.

Aminatun Habibah berharap pengurus yang baru bisa bekerjasama dengan Pemkab Gresik.  “Khususnya mengurangi jumlah pengangguran di Gresik,”kata Bu Min-sapaan akrab-Aminatun Habibah pada 16 Februari 2022. Saat ini, imbuhnya, prosentase pengangguran masih cukup tinggi. “Angkanya (pengangguran) masih dua digit. Sekitar 12,9 persen,”katanya. 

Pemkab Gresik akan mendirikan rumah vokasi untuk memberikan pelatihan kepada pencari kerja sehingga bisa meningkatkan kopetensi tenaga kerja. 
Sementara itu, Muskab Apindo DPK Gresik masih berlangsung. Sebanyak 4 kandidat bakal bersaing menduduki Ketua Apindo periode 2022-2026. Empat kandidat akan memperebutkan 94 suara. Pemilihan akan dilakukan secara drive thru. Pemilihan melakukan registrasi lalu mendapatkan surat suara untuk di coblos di mobil masing-masing. Sehingga, tidak menimbulkan adanya kerumunan massa. 

KANDIDAT KETUA APINDO Gresik Alfan Wahyuddin (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Alfan Wahyuddin, salah satu kandidat calon ketua Apindo DPK Gresik menyatakan kesiapan untuk menakhodai Asosisasi para pengusaha itu. Alfan sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengembalikan marwah dan martabat organisasi. “Apindo kedepan lebih punya marwah dan martabat sebuah organisasi pengusaha yang besar di Gresik Karena kita harus mewakili 1.600 lebih perusahaan di Gresik. Cuma yang Saya sayangkan baru 10 persen menjadi anggota Apindo,”kata Alfan.

“Harapan Saya bila terpilih sebagai ketua Apindo maka jumlah anggota harus ditingkatkan. (Anggota) lebih dari yang ada sekarang,”kata Alfan yang CEO Asoka Grup itu.
Untuk menambah anggota itu, pengurus harus memiliki keberpihakan terhadap kepentingan perusahaan. Saat ini, imbuhnya, banyak perusahaan dalam kondisi sulit karena pandemi.  Bahkan, ada yang tidak produksi akibat faktor lain. Seperti kesulitan masalah keuangan, diantaranya. “Akan kita ayomi  kita akan melakukan pendampingan sehingga bisa tumbuh kembali dan bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Gresik,”tegasnya. 

Asosiasi akan lebih transparan dan terpenting nanti akan dibuatkan portal website yang aktif.  Sehingga seluruh anggota bisa mencari apa pun di Apindo dan program Apindo. Nantinya, bisa dugunakan untuk orang mencari kerja. “Sekarang orang mencari kerja di website orang lain. Ini kah parah. Sementara websitenya pengusaha tidak punya. Bila saya terpilih digitalisasi semua pengurus dan anggota bisa mengakses websitenya Apindo, “katanya. (yad)