Suyono : Jaga Kondusifitas, Taati Tatib Dalam Pilkades Serentak di Gresik

GRESIK,1minute.id  – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) seretak di Kabupaten Gresik dihelat pada Sabtu, 26 Maret 2022. Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik ada 47 desa tersebar di 18 Kecamatan se-Kabupaten Gresik. 

Sebanyak 303 tempat pemungutan suara (TPS), 126.281 Daftar pemilih tetap (DPT) dan 125 calon kepala desa (Cakades). Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik Suyono mengatakan, semua persiapan untuk pilkades serentak di 47 desa tersebar di 18 Kecamatan di Kabupaten Gresik telah kelar. 

“Pilkades serentak bisa digelar sesuai jadwal, 26 Maret 2022,”kata Suyono dikonfirmasi melalui seluler pada Kamis, 24 Maret 2022. Ia menghimbau kepada semua calon kepala desa (Cakades) untuk ikut menjaga kondisi kamtibmas yang kondusif di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. Caranya, imbuh Asisten I  Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Gresik itu,  mentaati tata tertib (tatib)  sehingga ikut menjaga situasi kondusif di Kabupaten Gresik ini. 

“Melaksanakan Pilkades dengan tertib kepada pendukung masing-masing. Semoga bisa muncul pemimpin yang amanah,”pesan mantan Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik ini. Selain itu, Ia meminta para pendukung cakades untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Memakai masker,”katanya. 

Seperti diberitakan, Kecamatan Cerme terbanyak menggelar Pilkades. Ada lima desa yang bakal melakukan pemilihan. Lima desa itu yakni Desa Padeg ;  Pandu ; Guranganyar ; Sukoanyar dan Dampaan. Sedangkan,  Kecamatan Kebomas, Manyar dan Kedamean, masing-masing empat desa yang bakal melakukan pemilu tingkat desa tersebut. Empat desa di Kecamatan Kebomas adalah Sekarkurung ; Dahanrejo ; Randuagung dan Sukorejo.

Berikutnya, Kecamatan Manyar ada Desa Yosowilangun ; Manyarrejo ; Banyuwangi dan Betoyo Kauman. ” Untuk 15 Kecamatan lainnya ada satu hingga tiga desa yang bersiap melakukan Pilkades,”kata Plt PMD Gresik Suyono dikonfirmasi 1minute.id pada Rabu, 8 Februari 2022. (yad)