103 Kali Rescue Binatang Ular, Kera Hingga Tawon

GRESIK,1minute.id –  Damar kalang kabut. Pasalnya, rumah aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik itu kedatangan “tamu” tidak diundang. Tamu yang membuat Damar panik itu adalah seekor ular Piton. Ular berbisa itu panjangnya sekitar 2,5 meter. 

Ular piton masuk di sela-sela lubang angin-angin teras rumah Damar di Jalan Sunan Giri, Desa Kawisanyar, Kecamatan Kebomas sekitar pukul 12.10. Untuk menjinakkan ular berwarna putih dan hitam itu, Damar meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Gresik. Dinas anyar yang digawangi oleh Agustin Haloman Sinaga menerjunkan delapan anggota untuk melakukan evakuasi binatang buas melata itu. 

“Cuaca membuat binatang buas seperti ular muncul,”kata Sinaga pada Rabu, 6 April 2022. Dalam catatan Dinas Damkar Gresik kurun waktu Januari sampai dengan 6 April 2022 telah melakukan 103 penyelamatan.  Rincianya,  Januari 37 penyelamatan ; Februari (24) ; Maret (41) dan 1-6 April 1 penyelamatan. Jenis hewan Ular ( 73 kali) : Tawon (14) ; Biawak (7) ; Musang (1) ; Kucing (2) dan Kera (1). (yad)