Puasa Ramadan, Antusiasme Masyarakat Donor Darah Tinggi

GRESIK,1minute.id – Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengapresiasi para pendonor darah. Meski, sedang berpuasa antusiasme masyarakat untuk sedekah darah demi kemanusiaan cukup tinggi. Ratusan pendonor yang ikut kegiatan donor darah memperingati HUT ke-26 RSI Mabarrot, Kecamatan Bungah pada Sabtu, 16 April 2022. Kegiatan rutin tahunan ini sempat terhenti 2 tahun karena wabah pandemi Covid-19. 

“Mudah mudahan amal panjenengan dilipat gandakan di bulan Ramadan kali ini,”ujar Wabup Aminatun Habibah yang meninjau lokasi donor darah. Bu Min-sapaan akrab-Wabup Aminatun Habibahtidak hanya meninjau aksi kemanusiaan tersebut. Wabup perempuan pertama di Kabupaten Gresik itu juga ikut donor darah. “Aku melu donor rek,”ujar Bu Min yang juga Dewan Kehormatan PMI Gresik ini. Ia berharap kegiatan donor darah bisa dilakukan secara rutin 3 bulan sekali. “Semoga RS Mabarrot NU Bungah bisa memberikan layanan yang lebih baik untuk para pasien,”harapnya. 

Sementara itu, Direktur RSI Mabarrot NU Bungah dr. Izzuddin Syahbana tidak  menyangka bahwa antusiasme warga sangat tinggi. Sebab, donor darah dimulai sore hingga menjelang buka puasa itu ekspektasi masyarakat sangat tinggi. “Dari 100 kantong darah yang kita siapkan sudah penuh, antrian yang di bawah juga masih banyak,”kata dr Izzuddin Syahbana yang juga Kepala UTD PMI Kab. Gresik itu.

Ratusan pendonor darah itu  semringah karena bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan darahnya. Selain itu, pendonor juga mendapatkan bingkisan 2 liter minyak goreng. (yad)