Nanti Malam, Lelang Bandeng Kawak, Ada Bandeng Seusia Siswa SD


GRESIK,1minute.id – Penasaran lihat ikan Bandeng sebesar bocah sekolah dasar. Datang saja Alun-alun Gresik malam nanti, 28 April 2022. Pemkab Gresik menggelar Pasar dan Lelang Bandeng. Kabarnya, salah satu bandeng yang bakal di Lelang memiliki bobot kurang lebih 18 kilogram. Umur bandeng 12 tahun. 
Tradisi turun-temurun sejak ratusan tahun, era Sunan Giri tahun ini diprediksi bakal lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. 

Tahun lalu, Pasar Bandeng digelar serentak di 10 Kecamatan untuk menghindari terjadinya kerumunan massa. Sedangkan, Lelang Bandeng Kawak  dipusatkan di halaman Kantor Bupati Gresik dengan protokol kesehatan ketat. Saat itu ada tiga Bandeng yang di Lelang dan terjual Rp 50,9 juta. 

Rincianya, Ikan bandeng berat 5 kilogram dibeli oleh Dewanti Rumpoko, Wali Kota Batu seharga  Rp 10 juta. Bandeng kedua berat 5,1 kilogram, panjang 73 sentimeter dan berumur 6 tahun dibeli Plh Sekda Provinsi Jatim Heru Cahyono seharga Rp 15,4 juta dan bandeng kawak terbesar berat 6,5 kilogram, panjang 86 sentimeter dibeli Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seharga Rp 25,5 juta.

Tahun ini, informasi yang dihimpun 1minute.id ada lima ekor ikan bandeng yang bakal meramaikan tradisi tahunan pada bulan suci Ramadan ini. Lelang Bandeng biasanya digelar pada malam 27 Ramadan. “Ada dua petambak mengundurkan diri. Sehingga tersisa lima ekor yang berlaga di Lelang Bandeng Kawak nanti malam,”kata sumber 1minute.id pada Kamis, 28 April 2022. 

Ikan bandeng yang bakal di Lelang dalam tradisi Pasar dan Lelang Bandeng Kawak nanti malam, badal Tarawih itu telah dientas dari tambak milik calon peserta masing-masing. Bandeng juga di timbang. Namun, sumber enggan menjlentrehkan para pemilik dan bobo bandengnya. Dalihnya, bila bobot Bandeng sudah diketahui masyarakat tidak surprise. “Maaf Saya tidak bisa menyebutkan,”katanya. 

Sumber lain wartawan 1minute.id  menyebutkan lima kandidat peserta Lelang Bandeng Kawak itu milik petambak di Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah dan Mengare , Kecamatan Bungah. Dua kawasan itu selama ini dikenal sebagai penghasil bandeng terbesar di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. 

Syaifullah Mahdi, petambak asal Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah ketika dikonfirmasi  1minute.id membenarkan ikut Lelang Bandeng Kawak. “Sudah ditimbang bahkan di video oleh panitia,”kata Sandi-panggilan-Syaifullah Mahdi pada Kamis, 28 April 2022. Lagi-lagi, Sandi yang juga kepala desa (Kades) Pangkah Wetan itu belum menyebutkan bobot Bandengnya. “Yang pasti lebih besar dari bandeng yang di panen bersama pak menteri (Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP,Red),”katanya. Sandi menyimpan rapat bobot Bandeng Kawaknya. “Nanti, biar yang mengumumkan panitia,”tegasnya. 

Kepala Sub Bagian Komunikasi Pimpinan pada Bagian Humas dan Protokol Komunikasi Pimpinan Kabupaten Gresik Abdul Manan mengatakan, Lelang Bandeng akan dipusatkan di Alun-alun Gresik. “Acara diawali Tarawih bersama pak bupati (Fandi Akhmad Yani) di Masjid Jamik Gresik,”kata Manan pada Kamis, 28 April 2022.  (yad)