Gubernur Khofifah Borong Bandeng Kawak untuk Sahur Bersama Kepala OPD Pemprov Jatim 

GRESIK,1minute.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memborong bandeng kawak di Pasar Bandeng di Kabupaten Gresik pada Jumat, 29 April 2022Bandeng kawak yang dibeli oleh Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu ada seberat 7 kilogram. 

Bandeng syukuran bayi itu rencananya akan dimasak untuk sahur bersama dengan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Jatim. Gubernur Khofifah tiba di tradisi Pasar Bandeng pada Jumat sore disambut oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Khofifah langsung menuju depan Pasar Kota Gresik di Jalan H.Samanhudi, Gresik. 

Khofifah melihat bandeng raksasa yang jarang ditemuinya itu. Diantaranya, stan bandeng milik Mudlofar. Pedagang bandeng asal Pulau Mengare, Desa Watuagung, Kecamatan Bungah. Bandeng Mengare sudah kesohor memiliki rasa gurih dan tidak bau tanah. Bandeng seberat 7 kilogram itu kemudian dibeli.  Khofifah tidak pakai melakukan tawar-menawar harga lazimnya para emak-emak ketika berbelanja. 

Selain memborong bandeng, Khofifah juga membeli kepiting. Khofifah mengatakan, rencananya, bandeng yang sudah dibeli akan dimasak bareng-bareng bersama semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim. “Nanti malam akan kami buat sahur bersama-sama kepala OPD. Kami akan masak bandeng berbasis bandeng Gresik,”katanya. 

Gubernur Khofifah menambahkan pasar bandeng ini merupakan kekuatan ekonomi lokal sesuai kultur masyarakat Gresik. Oleh sebab itu perikanan di Gresik harus tetap dilestarikan. Karena, ikan Bandeng menjadi kekuatan perikanan di Gresik. Pihaknya berharap, kedepan format pasar bandeng harus lebih ditingkatkan lagi. 

Sehingga yang mudik ke Gresik bisa ikut merasakan pasar bandeng yang hanya satu tahun sekali ini. “Mungkin warga yang tidak pernah lihat bandeng besar bisa datang kesini (pasar bandeng,Red),”ujarnya. 
“Saya melihat Bandeng Gresik ini sangat besar, legend pokoknya,”imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengaku senang karena orang nomor satu di Jawa Timur itu berkesempatan hadir dan mengunjungi pasar bandeng yang merupakan tradisi turun menurun tersebut. Terlebih para pedagang bandeng juga ikut merasakan manfaatnya. 

“Kita lihat tadi bu Gubernur memborong beberapa ekor bandeng. Tentu ini merupakan sebuah manfaat yang luar biasa,”katanya. Ia berharap semoga seluruh pedagang yang turut berpartisipasi dalam pagelaran pasar bandeng kali ini memperoleh hasil yang memuaskan. 

“Sehingga tahun depan dapat ikut berpartisipasi kembali. Saya sampaikan terima kasih kepada semua masyarakat baik pedagang maupun pengunjung pasar bandeng atas partisipasi dan antusiasnya dalam meramaikan pagelaran tradisi turun temurun ini. Mudah-mudahan tahun depan bisa diadakan kembali,” pungkasnya. (yad)