Petugas Damkar, Selamatkan Jari Telunjuk Santri. Ini Ceritanya!!!

GRESIK,1minute.id – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Gresik harus memiliki multitalenta. Sebab, mereka tidak hanya jago menjinakkan amuk si jago merah. Mereka juga harus bisa menjadi “dewa” penolong kesulitan warga Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini.

Selain melakukan Rescue (penyelamatan) hewan liar maupun piaraan warga. Petugas yang memiliki slogan “Pantang Pulang sebelum Padam” itu ahli rescue jari tangan seorang santri. Penasaran?

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemkab Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, ada dua orang mendatangi kantor Damkar Gresik di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas pada Jumat, 6 Mei 2022 sekitar pukul 16.00 WIB. Dua orang itu adalah Syafruddin dan anaknya, Ahmad.  

Ahmad sejak Kamis malam, 5 Mei 2022 menggerang kesakitan. Gegaranya, jari telunjuk tangan kiri bengkak. Akibatnya, cincin perak di jari telunjuk Ahmad tidak bisa di lepas. Syafruddin berkeliling mencari gergaji besi. Namun, lelaki 42 tahun tinggal di Perumahan Bunder Asri, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik itu tidak bisa mendapatkan gergaji.

“Ia disarankan  ke kantor Damkar meminta bantuan memotong cincin Ahmad itu,”terangnya pada Jumat, 6 Mei 2022. Selama 15 menit, petugas rescue di Dinas Damkar akhirnya bisa melepaskan cincin di jari telunjuk kiri Ahmad. Ahmad tidak lagi meringis kesakitan. Syafruddin pun tersenyum. “Rescue cincin ini kali pertama kami lakukan,”tegas mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik itu. (yad)