Ada Pelayanan Perizinan Gratis Di setiap CFD

GRESIK,1minute.id – Minggu Sehat kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik di sepanjang Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik pada Minggu, 15 Mei 2022. Gelaran tanpa asap kendaraan bermotor itu di mulai badal Subuh  dengan center point depan gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP). Minggu Sehat dengan istilah karennya, Car Free Day (CFD) itu di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman. 

Diawali kegiatan senam bareng masyarakat menyambut antusias kegiatan itu. Merekatumplek blek dan bebas beraktivitas tanpa terganggu oleh lalu lalang kendaraan bermotor. Para pedagang kaki lima (PKL) mendapatkan berkah dari kegiatan yang bakal menjadi agenda rutin hari Minggu itu.

Apalagi, Minggu Sehat kali pertama dengan mengambil tema “Sehat Jasmani, Sehat Ekonomi” pascavakum sejak 2019 itu ada pelayanan perizinan gratis dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Atap Terpadu (DPM-PTSP) Gresik bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Gresik. 

Kepala DPM-PTSP A.M. Reza Pahlevi mengatakan, pihaknya membuka layanan konsultasi pengurusan izin dasar dan izin berusaha sekaligus tata cara laporan kegiatan penanaman modal (LKPM). “Kami lakukan jemput bola melalui acara yang banyak mendatangkan masyarakat dan pelaku usaha dari UMKM sampai yang skala besar,”ujar Reza pada Minggu,15 Mei 2022.

Pelayanan perizinan dasar antara lain nomor induk berusaha (NIB). “UMKM yang belum memiliki NIB kita fasilitasi dan kita asistensi untuk memiliki NIB melalui pengenalan aplikasiOSS RBA (Online Single Submission Risk Based Approach ). Dan gratis dan hitungan menit sudah jadi,”terang mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik ini. Reza menegaskan, pelayanan jemput bola akan dilakukan setiap minggunya di CFD nanti. “Kita akan berikan pelayanan setiap minggunya,”tegasnya. (yad)