PLTS Pertama di Pulau Gili Dibangun, Bupati Gresik dan Tomas Doa Bersama Untuk Melancarkan Pembangunan

GRESIK,1minute.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ngebut melakukan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pulau GilI, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Sejumlah tiang untuk solar cell telah terpasang di lahan seluas 1.300 meter persegi. PLTS di Dusun Gili, Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik itu adalah impian puluhan tahun masyarakat setempat. 

Sejak Indonesia merdeka, ribuan jiwa warga di Pulau Gili itu belum menikmati aliran listrik dari perusahaan setrum listrik negara. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani disela-sela kunjungan kerja di Pulau Bawean menyempatkan mengunjungi warga Pulau Gili pada Rabu, 1 Juni 2022. Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani naik perahu selama 45 menit. Saat itu, sinar matahari sedang terik. Diatas ubun-ubun. 

Kedatangan Bupati berusia 36 tahun itu untuk melihat progres pembangunan PLTS itu. Masyarakat menyambut antusias “tamu” istimewa itu. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani  mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Dirut PLN unit Jatim yang bisa memenuhi harapan masyarakat di Pulau Gili.

“Sejak zaman kemerdekaan, hak masyarakat Gili mendapatkan listrik belum ada. Alhamdulillah saat ini sudah mulai dibangun,”ujarnya.  Gus Yani menambahkan pembangunan PLTS ini hasil dari sinergitas Pemkab dan PLN Gresik. Pihaknya menyampaikan aspirasi ribuan jiwa warga Pulau Gili untuk menikmati aliran listrik mendapatkan respon positif dari manajemen PLN. “Hingga kini dibangun salah satu titik pembangkit listrik tenaga surya oleh PLN unit Jatim,” ujarnya. 

Bupati berharap dengan pembangunan pembangkit listrik ini bisa bermanfaat kepada masyarakat Bawean khususnya Gili Timur. “Semoga tahun 2022 selesai,” imbuhnya. Untuk memperlancar proses pembangunan PLTS kali pertama di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini , Bupati Fandi Akhmad Yani bersama sejumlah tokoh masyarakat (Tomas) setempat menggelar doa bersama di atas salah satu pondasi PLTS. Doa diikuti oleh masyarakat setempat. “Semoga pembangunan bisa cepat selesai,”katanya. PLTS di Pulau Gili ini memiliki kapasitas 50 kWp. (yad)