Mitigasi Yankes, Bupati Gresik Serahkan Bantuan Ambulans Laut ke Warga Pulau Gili Noko

GRESIK,1minute.id – Pulau Gili punya  ambulans laut. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang menyerahkan bantuan ambulans laut itu kepada Kepala Desa (Kades) Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Supar pada Rabu, 1 Juni 2022.

Penyerahan ambulans laut di Dermaga Dusun Pamona disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik dr Mukhibatul Khusnah serta muspika Kecamatan Sangkapura. 

Satu unit ambulans laut itu hibah program Corporate Social Responbility (CSR) dari Self-Regulatory Organization (SRO) Pasar Modal Indonesia yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dari Pasar Modal Indonesia

“Ini sebagai langkah mitigasi dalam pelayanan kesehatan untuk warga Bawean yang di kepulauan agar ada kemudahan dalam penanganan pelayanan kesehatan,”kata Bupati Fandi Akhmad Yani pada Rabu,1 Mei 2022. 

Untuk diketahui warga Dusun Gili terdapat sekitar 300-an unit rumah. Jumlah penduduk sekitar 1.000 jiwa. Selama ini, ketika ada warga setempat memerlukan perawatan kesehatan harus dibawah menggunakan perahu motor menuju puskesmas dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit. 

Ambulans laut memiliki dua mesin berkapasitas masing-masing 40 PK. Ambulans laut ini bisa melaju dengan kecepatan 20 knot atau 37,04 kilometer per jam atau kurang lebih 20 menit. Lebih cepat 25 menit. 

Bupati Fandi Akhmad Yani mewanti-wanti kepada nakhoda ambulans laut untuk gerak cepat (gercep) ketika ada warga Dusun Gili memerlukan ambulans laut. “Handphone harus on selama 24 jam,”tegas Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani dihadapan Kepala Desa Sidogedungbatu Supar, Kadinkes dan sejumlah warga yang lainnya. (yad)