Warga Bawean Hijaukan Bumi Di Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 

GRESIK,1minute.id – Puluhan aktivis lingkungan hidup melakukan aksi bersih-bersih lingkungan. Bersih-bersih saluran air hingga penanaman pohon. Kegiatan sosial peduli lingkungan itu melibatkan Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Bawean, Fatayat Nahdlatul Ulama, Penggerak PKK dan aktivis lingkungan, konservasi Bawean pada Minggu, 5 Juni 2022.

Aksi peduli terhadap lingkungan sekitar untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia  yang diperingati setiap 5 Juni itu.

Kepala Desa (Kades) Diponggo, Kecamatan Tambak  M. Salim mengatakan, kegiatan bersih-bersih lingkungan desa melibatkan berbagai unsur, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. “Kegiatan HLHD tahun ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih sadar terhadap kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,”kata Salim.

Kades Tanjungori, Kecamatan Tambak Nur Ahli menambahkan aksi bersih difokuskan  fasilitas umum dan infrastruktur perairan. “Saluran air dan selokan yang tadinya tersumbat, hari ini kita bersihkan supaya nanti ketika musim hujan tiba, saluran air tidak tersumbat lagi dan lancar,”ujarnya.

Selain bersih lingkungan sekitar, peringatan Hari Lingkungan Hidup juga dilakukan penanaman pohon mangrove dan kelapa. Aksi dilakukan puluhan anggota Fatayat NU Bawean. Rafi’a mengatakan, penanaman bibit kelapa dan mangrove di bibir pantai itu untuk mencegah bahaya abrasi. “Selain menanam pohon kelapa dan mangrove, tadi kami mulai hari ini mengajak masyarakat mengungut sampah dan buanglah pada tempatnya,” ujarnya.

Terpisah Muhammad, anggota Konservasi Bawean mengapresiasi aksi peduli lingkungan yang dilakukan oleh semua stakeholder di Pulau Bawean. “Budaya peduli kebersihan lingkungan ini mudah-mudahan bisa diikuti oleh warga lainya. Sehingga nanti tidak ada lagi sampah yang berserakan di mana-mana,” kata Muhammad.  (yad)