Membuat Gula Aren yang Kaya Khasiat Butuh Waktu Sehari

SIAP DISANTAP
Setiap bungkus berisi 5 sampai 10 biji Gula aren yang dijual kepada konsumen. Harganya bervariasi antara Rp 25 ribu per kemasan bisa juga lebih bila dalam kemasan yang lebih modern (Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)
« dari 7 »

GULA Aren memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Penasaran bagaimana cara membuat gula aren atau gula merah atau gula jemblok itu. Wartawan 1minute.id mendatangi salah satu pembuat gula aren di Pulau Bawean pada Rabu, 1 Juni 2022.

Sekitar pukul 11.00 wartawan 1minute.id tiba disebuah bangunan sederhana di Desa Daun, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Bangunan berdinding anyaman bambu atau gedhek.  Sinar matahari pun bisa menerobos masuk dalam dapur berukuran 5 × 7 meter persegi itu.

Siang itu, seorang perempuan bernama Saminah, 30, sedang membuat gula aren menggunakan tungku dengan bahan bakar dari kayu. Perempuan itu terus mengaduk nira. “Butuh waktu 12 jam untuk membuat gula aren,”kata ibu dua anak itu. Dalam dapur yang banyak tumbuhan  diatas bukit masih terasa panas. Keringat sebesar biji jagung bercucuran. 

Saminah, beberapa kali menyeka keringatnya. Saminah sudah sebelas tahun membuat gula aren. Sebelum ia menjadi tenaga kerja Indonesia di Serawak, Malaysia. Saminah memilih pulang untuk melanjutkan tradisi yang turun temurun. Membuat gula aren. Pagi dan sore, suami Saminah menderes pohon nira. Nira diwadahi bumbung kayu. Sebagai dikonsumsi untuk di minum. Rasanya mirip legen. 

Sebagai dimasak untuk gula merah. Satu wajah besar dengan diameter 60 sentimeter dan tinggi 20 sentimeter bisa menghasilkan 100 biji guna aren. Harganya sekitar Rp 25 ribu per bungkus (berisi 10 biji gula aren) di tingkat produsen. Harga pasaran bervariasi. Pasti lebih mahal. Bila laku semuanya, Saminah pendapatan yang diraup sebesar Rp 250 ribu perhari. “Tapi, sekarang kondisi masih sepi,”katanya. 

Menurut Nurul Jannah, gula aren asli Bawean sudah dikenal ke mancanegara. Karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. “Kalau di Malaysia, gula aren dari sini sudah sangat dikenal. Karena bahan asli,”katanya. (yad)